November 30, 2012

Menyampaikan Uraian tentang Isi Artikel / Buku


Sebuah informasi tidak hanya dapat diperoleh dari artikel atau buku. Kalian dapat menemukan informasi dari hasil diskusi atau seminar. Dalam sebuah acara diskusi panel, suatu topik atau masalah dibahas oleh beberapa orang yang disebut panelis. Idealnya setiap pembahas mengajukan pendapat berdasarkan latar belakangnya masing-masing. Dalam diskusi ini, ada moderator yang bertugas mengatur jalannya diskusi dengan adil dan tidak memihak.

Jika kalian mendapat kesempatan atau diminta menjadi pembicara dalam diskusi, kalian harus mempersiapkan diri dengan cara membaca beberapa artikel atau buku yang berkaitan dengan topik yang akan dibicarakan. Gabungkanlah hasil baca tersebut dengan sikap dan pendapat kalian sendiri. Dengan demikian, kalian telah memiliki bekal menjadi pembicara yang berkualitas karena apa yang kalian sampaikan berdasarkan hasil baca dan berpikir, tidak asal berbicara.

Sebagai panelis, sebaiknya kalian membiasakan menyebutkan sumber informasi yang kalian rujuk. Jelaskan pula mengapa sumber itu pantas diajukan. Perhatikan contoh cara menyampaikan pendapat dalam diskusi dengan menyebutkan sumber.
Pada editorial surat kabar Media Indonesia tanggal 22 Februari 2005, saya memperoleh informasi tentang penyanderaan dua jurnalis Indonesia oleh kelompok bersenjata di Irak. Editorial ini cukup bisa dipercaya karena ... sehingga editorial itu saya gunakan sebagai salah satu bahan diskusi kita kali ini.

Jika sumber informasi diambil dari artikel atau berita, kalian bisa menyampaikannya dengan cara sebagai berikut.
Pada artikel/berita berjudul ... yang dimuat di ... pada tanggal ..., saya memperoleh informasi bahwa ....

Jika informasi yang didapat berasal dari sebuah buku, kalian bisa menyampaikannya dengan cara sebagai berikut.
Pada buku ... saya membaca bahwa ....

Jika materi itu kalian dapat dari internet, sebutkan juga sumbernya, misalnya ”Pada situs ... saya memperoleh informasi bahwa ....”

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: