Latest News

Kode Akun / Kode Perkiraan dalam pencatatan transaksi

Akun atau perkiraan yang digunakan suatu perusahaan umumnya berjumlah relatif banyak. Untuk memudahkan mencari akun yang diinginkan serta memudahkan pencatatan transaksi ke dalam akun yang tepat, perlu dibuat kode akun yang disusun dalam bagan akun (chart of account). Manfaat lain dari pembuatan kode akun adalah memudahkan penyusunan laporan keuangan.
Kode akun adalah suatu kode yang menggunakan angka, huruf, atau kombinasi keduanya untuk memberikan tanda pada akun-akun.
Kode akun ada bermacam-macam, di antaranya sebagai berikut.

a. Kode Numeral
Kode numeral adalah pembuatan kode akun dengan cara memberi nomor-nomor pada akun-akun secara berurutan.

b. Kode Angka Blok
Kode angka blok adalah pembuatan kode akun dengan mengelompokkan akun menjadi beberapa kelompok, dan setiap kelompok diberi satu blok angka yang berurutan sebagai kodenya.

c. Kode Angka Desimal
Kode Angka Desimal, adalah pembuatan kode akun dengan menggunakan sepuluh angka, dari 0 sampai 9. Dan, tiap-tiap angka menunjukkan kelompok, golongan, dan jenis akun.

d. Kode Mnemonik
Kode mnemonik adalah pembuatan kode akun dengan menggunakan huruf-huruf.

e. Kode Kombinasi Huruf dan Angka
Kode kombinasi huruf dan angka adalah pembuatan kode akun dengan menggunakan kombinasi huruf dan angka. Pada umumnya hsuruf digunakan sebagai kode kelompok dan golongan akun, sedangkan angka menunjukkan nama akun.

0 Response to "Kode Akun / Kode Perkiraan dalam pencatatan transaksi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...