Latest News

Kombinasi Gerak Langkah Kaki dan Ayunan Lengan


Istilah lain dari senam ritmik yaitu senam irama. Senam irama merupakan sebuah corak senam yang menekankan irama dalam pelaksanaan gerakannya. Senam irama dapat dilakukan dengan menggunakan alat ataupun tidak menggunakan alat. Kali ini kita hanya mempelajari senam irama tanpa menggunakan alat. Kalian hanya perlu membuat hitungan secara lisan. Beberapa contoh koordinasi gerak langkah kaki dan ayunan lengan dalam senam irama sebagai berikut.

1. Gerakan kaki ke depan, ke belakang, dan kedua tangan silangrentang
a. Sikap Permulaan
Berdiri tegak (lemas) kedua lengan rentang ke samping lurus.
b. Gerakan
Hitungan 1
Sambil melangkahkan kaki kiri ke depan, kedua tangan disilangkan ke depan badan, badan merendah, lutut agak dibengkokkan.
Hitungan 2
Bersamaan dengan melangkahkan kaki kanan dirapatkan pada kaki kiri, kedua tangan rentangkan ke samping lurus, kedua tumit diangkat, lutut lurus, badan tegak.
Hitungan 3 dan 4
Ganti dengan kaki kanan yang dilangkahkan. Demikian seterusnya, irama 3/4 atau 4/4.

2. Gerakan melangkah ke samping kedua tangan diayun ke samping
a. Sikap Permulaan
Berdiri tegak, kaki kiri berdiri lemas, kaki kanan lurus, tumpuan berat badan pada kaki kanan. Kedua tangan lurus ke samping kanan lemas, pandangan ke kanan.
b. Gerakan
Hitungan 1 - 2
Langkahkan kaki kiri ke samping kiri bersamaan dengan kedua tangan diayunkan ke samping kiri melalui bawah di depan badan lurus dan lemas. Kaki kanan melangkah mengikuti kaki kiri. Berat badan berada pada kaki kiri, kedua tangan di samping kiri, pandangan mengikuti gerakan tangan.
Hitungan 3 - 4
Langkahkan kaki kanan ke samping kanan, kedua tangan diayunkan dari samping kiri ke samping kanan melalui bawah di depan badan, lurus dan lemas. Kaki kiri melangkah mengikuti kaki kanan. Berat badan pindah ke kaki kanan lagi, kedua tangan di samping kanan, pandangan mengikuti gerakan kedua tangan. Demikian seterusnya kedua tangan dan kaki bergerak ke samping kiri dan kanan, irama ¾ dan 4/4.

0 Response to "Kombinasi Gerak Langkah Kaki dan Ayunan Lengan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...