Latest News

Merangkum Isi Bahasan tentang Kemasyarakatan


Merangkum adalah suatu cara yang efektif untuk menyajikan suatu karangan yang panjang dalam bentuk yang singkat. Merangkum merupakan suatu keterampilan untuk mengadakan reproduksi dari hasil karya yang sudah ada. Rangkuman biasanya bertolak dari penyajian suatu karya asli secara singkat.

Ada perbedaan antara merangkum dengan ikhtisar. Merangkum merupakan penyajian singkat dari karangan asli, sedangkan ikhtisar tidak perlu mempertahankan urutan karangan asli dan tidak perlu memberikan isi dari seluruh karangan itu secara proporsional.

Setelah membaca bahasan tersebut, kalian dapat menemukan pokok pikiran pada paragraf pertama, yaitu ”Ada tiga persamaan tantangan antara daerah satu dengan daerah lain dalam hal ke pariwisataan.” Setelah menemukan pokok pikiran tiap-tiap paragraf, kalian dapat meringkas atau merangkum isi bahasan tersebut dengan memerhatikan langkah-langkah sebagai berikut.
1. Membaca naskah asli hingga tuntas, bahkan perlu diulang sambil ditandai bagian yang terpenting.
2. Mencatat gagasan utama atau gagasan terpenting yang terdapat dalam wacana. Gagasan utama tersebut ditandai atau digarisbawahi agar mudah dicari.
3. Membuat reproduksi, yaitu menyusun kembali suatu karangan singkat berdasarkan gagasan-gagasan utama yang diperoleh ketika membaca bahan bacaan yang akan dirangkum secara teliti. Dengan mempergunakan catatan-catatan dan kesan umum yang diperoleh, penulis sudah siap untuk membuat rangkuman yang dimaksud.

0 Response to "Merangkum Isi Bahasan tentang Kemasyarakatan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...