Latest News

Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang


Uang digunakan sebagai alat perantara dalam perdagangan. Dalam ilmu ekonomi fungsi uang dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu fungsi asli dan fungsi turunan.

a. Fungsi Asli
Uang sebagai fungsi asli dikelompokkan menjadi dua macam, seperti berikut ini.
1) Uang Sebagai Alat Tukar
Fungsi uang sebagai alat tukar akan mempermudah memperoleh barang yang diinginkan dengan cara menemukan orang yang memiliki barang tersebut, kemudian menukarkannya dengan uang. Dengan demikian, uang sebagai alat tukar akan menghemat waktu, tenaga, dan tukar menukar pun menjadi lebih sederhana.
2) Uang Sebagai Satuan Hitung
Satuan hitung maksudnya satuan ukuran yang menentukan besarnya nilai dari berbagai jenis barang. Dengan adanya uang, nilai suatu barang akan mudah ditentukan. Misalnya harga sebuah pensil Rp2.000,00 dan sebuah buku Rp2.500,00. Masyarakat tidak perlu bersusah payah membandingkan satu buah pensil dengan 1 kg beras atau 1 kg ikan.

b. Fungsi Turunan
Uang sebagai fungsi turunan dapat dikelompokkan menjadi empat macam.
1) Uang Sebagai Alat Pembayaran
Fungsi uang sebagai alat pembayaran berbeda dengan sebagai alat tukar. Uang sebagai alat pembayaran, maksudnya uang dibayarkan tanpa ditukar apa pun secara langsung. Contohnya, membayar pajak, membayar denda, dan sebagainya.
2) Uang Sebagai Penunjuk Harga
Suatu barang dengan barang lain mempunyai harga yang berbeda-beda. Misalnya, harga 1 kg telur Rp7.000,00, harga 1 kg jeruk Rp5.000,00, dan lain-lain.
3) Uang Sebagai Alat Pembayaran Utang
Uang dapat berfungsi sebagai alat pembayaran utang dan menyatakan besarnya utang. Sehingga uang dapat digunakan untuk melunasi utang piutang secara tepat.
4) Uang Sebagai Alat Penimbun Kekayaan
Orang yang mempunyai kelebihan kekayaan biasanya disimpan dalam bentuk uang. Menyimpan kekayaan dalam bentuk uang mempunyai kelebihan, yaitu dapat menggunakannya setiap saat apabila ada keperluan mendadak.
Dengan adanya uang, banyak sekali manfaat yang bisa diperoleh, baik bagi penerima uang maupun pembayar. Berikut ini manfaat yang dapat diperoleh dengan adanya uang.
a) Mempermudah untuk memperoleh dan memilih barang dan jasa yang diinginkan secara tepat.
b) Mempermudah dalam menentukan nilai (harga) dari barang dan jasa.
c) Memperlancar proses perdagangan secara luas.
d) Digunakan sebagai tempat menimbun kekayaan.

0 Response to "Fungsi Asli dan Fungsi Turunan Uang"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...