Latest News

Pengertian dan penelitian ilmu antropologi


Antropologi adalah ilmu yang mempelajari kebudayaan manusia yang bekembang dalam masyarakat. Ilmuwan antropologi disebut sebagai antropolog. Untuk mendapatkan gelar sebagai antopolog harus dapat mempertahankan suatu penelitian yang dilakukan dihadapan penguji. Disamping itu para antropolog juga selalu melaksanakan penelitian untuk mengkaji masalah-masalah budaya dimasyarakat. Penelitian ini juga nantinya digunakan sebagai referensi dalam mempelajari antropologi.
 
Banyak antropolog menggunakan metode kualitatif dalam melakukan penelitian. Hal ini dilakukan karena antropologi merupakan ilmu yang membutuhkan investigasi yang mendalam untuk membuktikan suatu kebenaran empiris. Ruang lingkup antropologi adalah kebudayaan masyarakat dan dekat dengan kebiasaan-kebiasaan yang ada dimasyarakat maka antropolog menggunakan teknik-teknik personal untuk menggali data. Pendekatan yang dilakukan adalah menggunakan metode fenomenologi.

Beberapa antropolog mendifinisikan kebudayaan sebagai pengetahuan yang diperoleh manusia dan digunakan untuk menafsirkan pengalaman dan menimbulkan perilaku ( Spradley, 1980:5). Untuk menggambarkan kebudayaan menurut prespektif ini, para antropolog dalam menjalankan penelitian selalu mempertimbangkan perilaku manusia dengan jalan mengurai apa yang diketahui mereka yang membolehkan mereka dalam berperilaku secara baik dengan common sense dalam masyarakatnya. 

Tingkat keberhasilan penelitian adalah berhasil mendidik pembaca bagaimana sebaiknya berperilaku dalam suatu latar kebudayaan. Oleh karena, penelitian etnografi sangat cocok menggunakan metode kualitatif yang mendalam dibanding secara kuantitatif.

Hasil penelitian inilah yang nantinya akan dikomunikasikan ke masyarakat agar menjadi pertimbangan maupun masukan bagi masyarakat dalam mengkaji kebudayaan. Mengkomunikasikan penelitian dengan melakukan penyusunan laporan penelitian yang nantinya akan dibuat artikel dan disampaikan oleh masyarakat. Proses penyampainya bisa berupa artikel bebas maupun lewat presentasi dalam seminar.

0 Response to "Pengertian dan penelitian ilmu antropologi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...