Latest News

Taktik-Taktik Permainan Tenis Meja


Semua permainan olagraga memerlukan teknik dan taktik khusus untuk melakukannya. Tidak terkecuali permainan tenis meja, memerlukan startegi-strategi khusus untuk dapat memenangkan pertandingan permainan ini. Berikut ini taktik-taktik yang biasa dilakukan oleh pemain-pemain tenis meja dalam suatu pertandingan.

a. Taktik bertahan
Taktik bertahan di dalam permainan tenis meja biasanya dilakukan jika tidak ada kesempatan untuk dapat melakukan serangan, karena bola yang dating pada waktu akan dipukul untuk dikembalikan selalu lebih rendah dari meja, sehingga sulit untuk dapat melakukan pukulan serangan.

b. Taktik menyerang
Seorang pemain tenis meja harus menguasai dan memiliki taktik untuk menyerang karena dengan melakukan pukulan-pukulan bola yang cepat dan keras menuju ke bidang meja lawan, akan dapat menghancurkan pertahanan lawan. Oleh karena itu, pemain tenis meja sebaiknya selalu berinisiatif melakukan serangan-serangan yang gencar kepada pihak lawan. Hal ini dilakukan dengan menggunakan berbagai bentuk pukulan yang cepat, kuat atau keras, dan tepat. Taktik penyerangan yang biasa dilakukan oleh para pemain pada dasarnya menggunakan pukulan-pukulan forehand dan backhand dengan bola-bola spin.

Berdasarkan uraian-uraian mengenai taktik bertahan dan taktik menyerang di atas, taktiktaktik tersebut dapat berhasil dengan baik jika dilakukan dengan latihan yang teratur dan terus menerus. Hal ini supaya kalian dapat melakukan berbagai bentuk pukulan spin dengan berbagai variasinya secara cepat, tepat, kuat atau keras, luwes, dan lancar, serta terdapat keserasian antara gerakan tangan dan gerakan kaki. Perhatikan berbagai cara keterampilan melatih gerakan dalam tenis meja berikut ini.
1) Latihan melakukan pukulan
Berikut ini beberapa hal yang harus diperhatikan oleh para pemain saat melakukan pukulan.
a) Pada waktu akan memukul bola, lengan bagian atas diayun dari belakang ke depan. Hal ini menentukan kuat lemahnya suatu pukulan yang akan dilakukan.
b) Lengan bagian bawah digunakan untuk membantu kekuatan tenaga lengan bagian atas, mengontrol bola, dan menyambut bola yang datang.
c) Pergelangan tangan digunakan untuk mengatur dan menentukan sikap pukulan (bat-nya).
2) Gerakan kaki
Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk dapat melakukan gerakan kaki dengan baik, sebagai berikut.
a) Sikap kaki pada waktu bermain harus diusahakan selalu berada di tengah-tengah belakang meja.
b) Menggerakkan kaki jangan dilakukan sambil melompat.
c) Menggerakkan kaki harus disesuaikan dengan arah bola yang datang.

0 Response to "Taktik-Taktik Permainan Tenis Meja"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...