Latest News

Susunan Saraf Tepi (saraf sadar dan tidak sadar / otonom)

Susunan saraf tepi terdiri atas serabut saraf otak dan serabut saraf sumsum tulang belakang (spinal). Serabut saraf sumsum dari otak, keluar dari otak sedangkan serabut saraf sumsum tulang belakang keluar dari sela-sela ruas tulang belakang.

Tiap pasang serabut saraf otak akan menuju ke alat tubuh atau otot, misalnya ke hidung, mata, telinga, dan sebagainya. Sistem saraf tepi terdiri atas serabut saraf sensorik dan motorik yang membawa impuls saraf menuju ke dan dari sistem saraf pusat. Sistem saraf tepi dibagi menjadi dua, berdasarkan cara kerjanya, yaitu sebagai berikut.

1) Sistem Saraf Sadar
Sistem saraf sadar bekerja atas dasar kesadaran dan kemauan kita. Ketika Anda makan, menulis, berbicara, maka saraf inilah yang mengkoordinirnya. Saraf ini mene-ruskan impuls dari reseptor ke sistem saraf pusat, dan meneruskan impuls dari sistem saraf pusat ke semua otot kerangka tubuh.

Sistem saraf sadar terdiri atas 12 pasang saraf kranial, yang keluar dari otak dan 31 pasang saraf spinal yang keluar dari sumsum tulang belakang 31 pasang saraf spinal. Saraf-saraf spinal tersebut terdiri atas gabungan saraf sensorik dan motorik. Dua belas pasang saraf kranial tersebut, antara lain sebagai berikut.

a) Saraf olfaktori, saraf optik, dan saraf auditori. Saraf-saraf ini merupakan saraf sensori.
b) Saraf okulomotori, troklear, abdusen, spinal, hipoglosal. Kelima saraf tersebut merupakan saraf motorik.
c) Saraf trigeminal, fasial, glossofaringeal, dan vagus. Keempat saraf tersebut merupakan saraf gabungan dari saraf sensorik dan motorik.

Nomor
Saraf    Nama Saraf    Jenis Saraf    Asal Saraf Sensorik    Asal Saraf Motorik
I    Olfaktori    Sensori    Selaput lendir hidung    Tidak ada
II    Optik    Sensori    Retina mata    Tidak ada
III    Okulomotor    Motor    Otot penggerak bola mata    Otot pengerak bola mata, lensa mata,
pupil mata
IV    Troklear    Motor    Otot penggerak bola
mata    Otot lain penggerak
bola mata
V    Trigeminal    Gabungan    Gigi dan kulit muka    Otot pengunyah
VI    Abdusen    Motor mata    Otot penggerak bola
mata    Otot lain penggerak
bola mata
VII    Fasial    Gabungan    Lidah bagian ujung    Otot muka, kelenjar ludah
VIII    Auditori    Sensori    Koklea dan saluran
setengah lingkaran    Tidak ada
IX    Glossofaringeal    Gabungan    Lidah bagian belakang tonsil    Kelenjar ludah,
otot penelan di
taring
X    Vagus    Gabungan    Laring, paru-paru,
jantung, lambung,
pankreas, hati    Saraf simpatetik ke
laring, esofagus, paru-paru, jantung, lambung, pankreas.
XI    Spinal    Motor    Otot belikat, laring,
taring, langit-langit
halus    Otot laring, taring,
dan langit-langit
halus
XII    Hipoglosal    Motor    Otot-otot lidah    Otot lidah

2) Sistem Saraf Tak Sadar (Otonom)
Sistem saraf ini bekerja tanpa disadari, secara otomatis, dan tidak di bawah kehendak saraf pusat. Contoh gerakan tersebut misalnya denyut jantung, perubahan pupil mata, gerak alat pencernaan, pengeluaran keringat, dan lain-lain. Kerja saraf otonom ternyata sedikit banyak dipengaruhi oleh hipotalamus di otak. Coba Anda ingat kembali fungsi hipotalamus yang sudah dijelaskan di depan. Apabila hipotalamus dirangsang, maka akan berpengaruh terhadap gerak otonom seperti contoh yang telah diambil, antara lain mempercepat denyut jantung, melebarkan pupil mata, dan menghambat kerja saluran pencernaan.
Sistem saraf otonom ini dibedakan menjadi dua.

a) Sistem Saraf Simpatik
Saraf ini terletak di depan ruas tulang belakang. Fungsi saraf ini terutama untuk memacu kerja organ tubuh, walaupun ada beberapa yang malah menghambat kerja organ tubuh. Fungsi memacu, antara lain mempercepat detak jantung, memperbesar pupil mata, memperbesar bronkus. Adapun fungsi yang menghambat, antara lain memperlambat kerja alat pencernaan, menghambat ereksi, dan menghambat kontraksi kantung seni.

b) Sistem Saraf Parasimpatik
Saraf ini memiliki fungsi kerja yang berlawanan jika dibandingkan dengan saraf simpatik. Saraf parasimpatik memiliki fungsi, antara lain menghambat detak jantung, memperkecil pupil mata, memperkecil bronkus, mempercepat kerja alat pencernaan, merangsang ereksi, dan mepercepat kontraksi kantung seni. Karena cara kerja kedua saraf itu berlawanan, maka mengakibatkan keadaan yang normal. Untuk lebih memahami tentang sistem saraf otonom,

0 Response to "Susunan Saraf Tepi (saraf sadar dan tidak sadar / otonom)"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...