Latest News

Membaca, menemukan, Menjelaskan Makna Puisi serta Budaya yang tersirat


Seperti yang seringkali dipaparkan bahwa puisi merupakan hasil perenungan penyair terhadap sebuah objek yang dibumbui dengan kreativitas dan imajinasinya. Puisi adalah ungkapan perasaannya, entah sedih, duka, gembira, dan sebagainya. Membaca puisi sama halnya dengan membaca pikiran penyair yang sekaligus memahami apa yang saat itu mengitarinya. Lingkungan di mana penyair tinggal sangat berperan aktif terhadap lahirnya sebuah puisi. Dengan membaca puisi secara langsung, Anda dapat memahami kebudayaan masyarakat saat puisi itu dilahirkan.

1. Menemukan Standar Budaya dalam Puisi Tiap Periode
Seperti yang telah dipaparkan di atas, puisi merupakan ungkapan perasaan penyair melalui rangkaian kata-kata yang sarat makna. Kata-kata dalam puisi tersebut tidaklah tunduk pada aturan logis sebuah kalimat, tetapi tunduk pada ritme larik puisi. Dalam larik-larik puisi yang lebih pendek, kesatuan kata atau kata-kata yang mandiri akan membentuk makna puisi. Makna tiap kata akan membantu Anda dalam menginterpretasi secara keseluruhan isi puisi hingga dapat menemukan budaya masyarakat yang tergambar dalam puisi tersebut.
Puisi “Sajak Seonggok Jagung” karya Rendra yang terlahir pada periode tahun 60’an, puisi di atas menggambarkan kehidupan masyarakat intelek (mahasiswa) yang telah menyandang predikat sarjana. Dengan hanya berbekal ilmu secara teoretis, mereka harus terjun ke dunia yang penuh dengan perebutan lapangan kerja. Mereka harus bersaing dengan sesamanya atau yang memang memiliki kemampuan memadai. Itulah gambaran masyarakat sekarang yang lebih banyak mencetak sarjana dibandingkan dengan lapangan kerja.

Coba Anda perhatikan lagi sajak berikut ini!
Perempuan-Perempuan Perkasa (Hartoyo Andangjaya, 1973)
Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta,
Dari manakah mereka
Ke satasiun kereta mereka datang dri bukit-bukit desa
Sebelum peluit kereta pagi terjaga
Sebelum hari bermula dalam pesta kerja
Perempuan-perempuan yang membawa bakul dalam kereta,
Ke manakah mereka?
Di atas roda-roda baja mereka berkendara
Mereka berlomba dengan surya menuju ke gerbang kota
Merebut hidup di pasar-pasar kota.
Perempuan-perempuan yang membawa bakul di pagi buta, siapakah  mereka,
Akar-akar yang melata dari tanah perbukitan turun ke kota
Mereka cinta kasih yang bergerak menghidupi desa demi desa.
(Teori dan Apresiasi Puisi, 1987:102)

Bandingkanlah gambaran kehidupan kedua puisi di atas. “Perempuan- Perempuan Perkasa” adalah gambaran kehidupan masyarakat desa di suatu daerah yang bekerja menjajakan dagangannya di atas kereta dari semenjak subuh hingga surya terbenam.

2. Menjelaskan Makna Puisi serta Budayanya
Seperti yang telah diungkapkan bahwa makna sebuah karya seni, terutama puisi tidak bisa dilepas dari faktor penikmatnya. Penafsiran yang diperoleh dari tiap penikmat (pembaca) berbeda-beda, tergantung pengetahuan dan wawasan yang dimiliki. Selain itu, penggunaan bahasa dalam puisi yang sarat dengan simbolsimbol sangat membutuhkan keahlian tersendiri untuk menguraikan simbol-simbol tersebut ke dalam sebuah makna.
Berikut ini disajikan langkah-langkah pemahaman terhadap sebuah puisi.
Coba Anda perhatikan dengan seksama!
a. Uraikanlah puisi kata demi kata, bait demi bait, baris demi baris dalam bentuk parafase.
b. Setelah itu, carilah kata-kata (berbentuk simbol), artikanlah symbol tersebut untuk mendapatkan maknanya.

Dari uraian keseluruhan tersebut, Anda dapat memahami maknanya secara utuh. Puisi yang baik adalah puisi yang sarat dengan makna dan nilai-nilai, baik itu nilai pendidikan, sosial, agama, budaya dan lain sebagainya. Nilai budaya yang dimaksud dalam uraian berikut ini adalah budaya Indonesia, seperti cara memperlakukan anak, cara makan dan minum, cara menghormati orang lain, dan lain sebagainya. Anda dapat menemukan nilai budaya dalam sebuah puisi setelah memahami makna keseluruhan puisi tersebut.

0 Response to "Membaca, menemukan, Menjelaskan Makna Puisi serta Budaya yang tersirat"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...