Latest News

Membandingkan Hikayat dengan Cerpen

Kalian tentu sudah pernah membaca hikayat dan cerpen. Dari bentuknya, hikayat dan cerpen merupakan karya sastra berbentuk prosa. Keduanya sama-sama memiliki unsur intrinsik dan ekstrinsik. Lalu, apa yang membedakan antara hikayat dengan cerpen? Agar kalian dapat mengetahui perbedaan antara hikayat dengan drama, bacalah uraian tentang hikayat dan cerpen berikut dengan saksama!

Hikayat
Hikayat merupakan salah satu bentuk prosa. Prosa ini merupakan peninggalan sastra Melayu yang lebih banyak dipengaruhi oleh budaya Timur dan kepercayaan masyarakat pada waktu itu, baca selengkapnya > klik disini

Cerpen
Sebuah karya sastra, seperti sebuah cerita pendek di dalamnya mengandung unsur intrinsik, ekstrinsik, dan nilai-nilai karya sastra. Nilai karya sastra itu merupakan gambaran atau cerminan kehidupan seseorang atau sekelompok manusia (masyarakat) yang terungkap atau tersirat melalui sebuah cerita.

Kedua karya sastra tersebut sama-sama memiliki unsur intrinsik (tema, tokoh, karakter, latar, alur). Kedua karya tersebut sama-sama berbentuk prosa. Kedua karya sastra tersebut juga memiliki unsur ekstrinsik.

0 Response to "Membandingkan Hikayat dengan Cerpen"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...