Latest News

Apa itu Hikayat ???

Hikayat merupakan salah satu bentuk prosa. Prosa ini merupakan peninggalan sastra Melayu yang lebih banyak dipengaruhi oleh budaya Timur dan kepercayaan masyarakat pada waktu itu, seperti kepercayaan animisme dan dinamisme (kepercayaan akan kekuatan roh), agama Hindu dan Buddha, budaya, dan agama Islam. Hikayat dapat kalian temukan sebagai peninggalan sejarah, yaitu naskah lama yang disimpan di rumah-rumah tokoh masyarakat. Bahkan, naskah lama bahasa Arab Melayu banyak tersebar di pesantren. 

Hikayat yang telah ditransliterasi (disalin dan diperbarui) dapat kalian cari di perpustakaan daerah/kota atau pada perpustakaan perguruan tinggi. Ilmu yang mempelajari hikayat atau naskah lama adalah filologi. Filologi ini adalah ilmu yang meneliti masalah naskah-naskah kuno, termasuk naskah-naskah hikayat. Biasanya naskah yang diteliti masih menggunakan huruf Palawa dalam bahasa Sanskerta, Arab Pegon, Kawi, atau huruf yang lainnya. Bahasa itu ditranskripkan ke dalam bahasa Latin agar dapat dibaca dan ditelaah kandungan sastranya. Kandungan sastra lama hampir sama dengan kandungan sastra modern. Kelebihannya adalah sastra lama lebih menekankan pada filosofis, didaktis, dan tokoh-tokohnya yang simbolik. Seperti dalam Hikayat Bayan Budiman, mengandung nilai didaktis. Selain itu, hikayat pun memiliki kandungan budaya yang tinggi. Di beberapa tempat seperti Jawa, Sunda, Bali, dan Sulawesi, membacakan hikayat sering dikaitkan dengan hari-hari besar keagamaan dan tradisi lain di daerahnya.

Biasanya, hikayat yang dibacakan bersamaan dengan tradisi adalah hikayat nabi, hikayat raja-raja, hikayat para leluhurnya, atau hikayat yang menjadi syarat ritual. Tokoh-tokoh utama dalam hikayat banyak tokoh-tokoh raja, orang yang dihormati, atau orang-orang yang memiliki kekuatan supranatural.

Seperti halnya novel, hikayat dibangun oleh unsur-unsur dari dalam, berupa tema, tokoh, alur, dan latar. Selain itu, di dalam hikayat, kalian juga dapat menemukan amanat, yang merupakan pesan yang ingin disampaikan.

Di bawah ini disajikan kutipan Hikayat Bayan Budiman. Mari kita membaca hikayat tersebut. Sambil membaca, fokuskan perhatian kalian pada
1. tokoh dan watak-wataknya;
2. latar cerita;
3. tema hikayat;
4. nilai/pesan dalam hikayat;
5. nilai budaya.

0 Response to "Apa itu Hikayat ???"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...