February 28, 2012

Pengertian Penelitian menurut pendapat para ahli


Pengertian Penelitian menurut pendapat para ahli
Berdasarkan gambaran awal di atas, pertanyaan yang dapat diajukan adalah, “Apakah sebenarnya penelitian itu?” Untuk dapat menjawab pertanyaan tersebut, maka perlu ditelaah berbagai definisi tentang pengertian penelitian tersebut. Secara harfiah, kata “penelitian” berasal dari kata research dalam bahasa Inggris yang artinya mencari kembali. Secara teoritis, terdapat beberapa pengertian tentang konsep penelitian sebagai berikut.

a. Donald Ary (1982)
Mengemukakan bahwa kegiatan penelitian adalah implementasi pendekatan ilmiah dalam mengkaji suatu masalah untuk menemukan informasi yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya. Dalam pengertian ini, Donald Ary memiliki prinsip bahwa penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang memerlukan prosedur ilmiah untuk melakukannya, sehingga hasil yang diperoleh berupa produk cara kerja ilmiah sesuai dengan prinsip-prinsip metodologis. Setelah melalui prosedur metodologis keilmuan, maka kegiatan tersebut dinamakan penelitian.

b. Parson (1946)
Penelitian merupakan penelusuran atau inquiry atas sesuatu yang dilakukan secara sistematis dalam rangka memecahkan masalah-masalah. Dalam hal ini, Parson menekankan bahwa masalah-masalah tersebut diyakini dapat dipecahkan melalui proses pencarian tersebut.

c. Victoria (1983)
Penelitian merupakan suatu kegiatan penyelidikan yang kritis dan penuh kehati-hatian dalam menemukan fakta-fakta atau prinsip-prinsip. Dalam konsep ini, penelitian diartikan sebagai cara kerja yang cermat untuk menemukan sesuatu, melalui kegiatan penyelidikan yang terstruktur.

d. Woody (1972)
Penelitian adalah suatu metode dalam rangka mendapatkan sebuah pemikiran kritis. Kegiatan penelitian terdiri dari pemberian definisi dan redefinisi terhadap masalah, memformulasikan hipotesis, dan menarik kesimpulan. Penelitian ditujukan untuk menguji hipotesis, sehingga dapat mengambil kesimpulan apakah hipotesis yang diajukan tersebut diterima atau ditolak.

e. Sutrisno Hadi (1987)
Penelitian merupakan suatu kegiatan yang dilakukan untuk mengisi kekurangan, mengembangkan, dan menggali hal-hal yang telah ada, serta mengujinya kembali. Dalam konsep ini, Sutrisno Hadi memandang bahwa, sesuatu perlu diuji kembali terutama jika kebenaran dari sesuatu yang telah ada tersebut masih diragukan kebenarannya.

Berdasarkan konsep-konsep tersebut di atas, maka dapat diambil kesimpulan bahwa penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang menggunakan metode ilmiah, dilaksanakan secara logis-rasional untuk menemukan fakta-fakta melalui suatu proses analisis dan pengujian. Hal ini berarti bahwa kegiatan penelitian merupakan cara kerja ilmiah yang memerlukan pemahaman khusus untuk melakukannya, terutama yang menyangkut konsep metode. Dalam implementasi metode, seorang peneliti sosial harus mampu mengidentifikasi permasalahan sosial yang akan ditelitinya, sehingga metode yang digunakan dapat bekerja efektif dan mampu menjawab seluruh pertanyaan penelitian. Kesalahan metodologi dalam penelitian, akan menimbulkan kefatalan terhadap hasil penelitian terutama yang menyangkut legalitas dan keabsahannya. Dengan demikian, seorang peneliti sosial atau pemerhati masalah sosial harus menguasai konsep metode penelitian sosial dengan baik dan benar.
Penelitian merupakan kegiatan ilmiah yang menggunakan metode ilmiah, dilaksanakan secara logis-rasional untuk menemukan fakta-fakta melalui suatu proses analisis dan pengujian. (Aman, Grendy Hendrastomo, Nur Hidayah)

Dengan demikian, penelitian sosial merupakan kegiatan riset terhadap gejala-gejala sosial yang menyangkut manusia dan masyarakat, untuk mengungkap fakta-fakta sosial dan kemudian memverifikasinya secara historisnormatif. Setelah ditemukan fakta-fakta sosial, maka seorang peneliti harus sanggup memberi makna di balik fakta-fakta sosial tersebut, sehingga hasil penelitian sosial tidak hanya berhenti pada fakta, melainkan bergerak pada proses pencarian makna sosial dalam rangka memberi masukan yang berguna untuk memecahkan permasalahan-permasalahan sosial yang sangat kompleks. Dengan demikian, penelitian memiliki nilai guna yang besar bagi dinamisasi kehidupan manusia dan masyarakat untuk mencapai tujuan kehidupan yang hakiki di tengah-tengah tuntutan global yang semakin nyata.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: