Latest News

Dampak Mobilitas Sosial pada Individu


Dampak Mobilitas Sosial pada Individu
Dinamika sosial menggambarkan terjadinya perubahan posisi atau kedudukan sosial seseorang dalam suatu kelompok. Pasang surut ataupun keluar masuknya anggota masyarakat yang baru akan menyebabkan perubahan status/kedudukan sosial bagi seseorang atau kelompok yang bersangkutan.

Dampak mobilitas sosial tidak hanya dialami oleh suatu kelompok masyarakat, namun dialami pula oleh suatu individu. Dampak mobilitas bagi individu ini berupa:
a. Konflik Status (Status-Conflict)
Seseorang dalam masyarakat pada umumnya memiliki beberapa kedudukan sekaligus. Di antara beberapa kedudukan itu hanya ada satu yang menonjol. Biasanya masyarakat hanya melihat pada kedudukan utama yang menonjol tersebut. Atas dasar itulah, individu digolongkan dalam kelas-kelas tertentu dalam masyarakat. Seseorang yang memiliki kedudukan sebagai kepala keluarga, ketua RT, dan anggota kepolisian, memiliki satu kedudukan yang paling menonjol, yaitu sebagai anggota kepolisian. Ketika ia harus menangkap anaknya sendiri karena telah melakukan tindak kejahatan, maka statusnya sebagai anggota kepolisian mengharuskan ia melakukan kewajiban, walaupun statusnya sebagai kepala rumah tangga menentangnya. Jadi, konflik status dalam kehidupan individu ini berupa pertentangan antara dua status yang saling berbeda dalam diri seseorang, yang disebabkan adanya kepentingan dari status-status yang saling bertentangan.

b. Konflik Peranan (Conflict of Roles)
Peranan (role) merupakan aspek yang dinamis dari kedudukan atau status. Akibat adanya perubahan status, maka peranan pun ikut pula berubah sejalan dengan adanya konflik status. Apabila dalam suatu masyarakat terdapat individu yang tidak mampu menjalankan peranannya seperti yang diharapkan oleh masyarakat, maka individu tersebut dapat disebut mengalami konflik peranan. Jadi, konflik peranan adalah suatu keadaan dalam diri seorang individu yang tidak dapat melaksanakan tugas sesuai dengan peranan yang disandangnya.

0 Response to "Dampak Mobilitas Sosial pada Individu"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...