Latest News

Perbedaan Konsolidasi & Interseksi


Perbedaan Konsolidasi & Interseksi
Berbicara tentang masyarakat majemuk baik secara vertikal maupun horizontal, maka pembicaraan kita tidak akan jauh dari istilah konsolidasi dan interseksi. Adanya konsolidasi dan interseksi merupakan upaya untuk meminimalisasi akibat dari masyarakat majemuk. Lantas, apa yang dimaksud dengan konsolidasi dan interseksi?

Istilah konsolidasi berasal dari bahasa Inggris, consolidation yang berarti penguatan atau pengukuhan. Dalam struktur sosial konsolidasi merupakan usaha untuk menata kembali suatu kelompok sosial yang dinilai mengalami perpecahan atau ketidakkompakan. Selain itu, konsolidasi juga berarti sebagai usaha memperkuat parameter (nilai ukur) suatu kelompok (in group) terhadap kelompok yang lain (out group).

Sebagai contohnya, ketika suatu kelompok merasa terancam keberadaannya, karena melihat kelompok lain menjadi solid dan bersatu padu, maka kelompok tersebut akan melakukan konsolidasi atau penguatan demi eksisnya kelompok bersangkutan.

Interseksi berasal dari kata intersection yang berarti sebuah titik pertemuan dari dua buah garis. Secara khusus interseksi berarti persilangan antara dua himpunan (atau lebih) yang setiap anggotanya juga menjadi bagian dari dua himpunan (atau lebih) dari masing-masing himpunan tersebut (sebagaimana dikutip Arif Rohman, 2005). Proses interseksi ini sangat terlihat dalam sebuah organisasiorganisasi sosial. Dalam organisasi sosial terdiri atas berbagai macam penggolongan atau perbedaan misalnya, perbedaan ras, agama, jenis kelamin, dan lain-lain. Namun, karena adanya persamaan tujuan dalam sebuah visi misi organisasi, mereka membentuk suatu kesatuan. Kondisi ini menimbulkan suatu ikatan baru di antara para anggotanya. Ikatan baru ini mampu memperlemah perbedaanperbedaan yang pada dasarnya sudah dimiliki masingmasing dari mereka. Dengan demikian, proses interseksi dapat mempercepat integrasi sosial, sebab dalam proses interseksi mengutamakan proses persamaan bukan perbedaan.

0 Response to "Perbedaan Konsolidasi & Interseksi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...