Latest News

Manfaat Perairan Laut

Manfaat Perairan Laut
Laut memiliki kekayaan alam yang sangat bermanfaat bagi kehidupan manusia. Lautan memiliki hubungan yang saling memengaruhi antara daratan, atmosfer, dan air. Hubungan itulah yang berpengaruh terhadap iklim di dunia ini. Selain itu, manfaat laut bagi kehidupan manusia sebagai berikut.

a. Transportasi dan Pengangkutan
Laut merupakan jalur transportasi yang menghubungkan pulau-pulau dan benua-benua. Pengangkutan hasil pertanian, industri, kehutanan, dan pertambangan termasuk migrasi penduduk banyak mengandalkan transportasi laut yang biayanya lebih murah.

b. Perikanan, Pertanian, dan Pariwisata
Beberapa usaha yang dapat dilakukan di bidang perikanan dan pertanian laut sebagai berikut.
1) Sumber mata pencaharian, dengan mengambil kekayaan alam yang ada di dalamnya seperti ikan, udang, kepiting, cumi-cumi, dan teripang.
2) Budi daya perikanan tambak (udang dan bandeng) dan pembuatan garam di daerah pantai.
3) Budi daya mutiara dan pertanian rumput laut.
4) Usaha pertanian padi dan tanaman bakau di daerah pasang surut.
5) Keindahan panorama pantai dan dasar laut dengan berbagai macam ikan hias dan terumbu karang dapat dijadikan objek pariwisata.

c. Sarana Pertahanan dan Keamanan Negara
Indonesia adalah negara maritim yang memiliki wilayah laut lebih luas dari daratan. Hal ini menyebabkan laut merupakan wilayah yang penting dalam pertahanan dan keamanan negara. Agar pertahanan lautnya kuat, harus didukung dengan peralatan canggih, armada yang kuat, dan sumber daya manusia yang andal.

0 Response to "Manfaat Perairan Laut"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...