January 22, 2012

Gerakan Air Laut


Gerakan Air Laut
Di pantai, kamu dapat melihat air laut yang bergerak dalam bentuk gelombang, ombak, atau riak. Seolah-olah air laut itu saling berkejaran. Apa yang menyebabkan air laut bergerak? Untuk mengetahuinya, coba lakukan kegiatan di bawah ini.
a. Ambillah sebuah ember yang diisi air penuh dan anggaplah ember tersebut sebagai lautan yang luas. Kemudian dekatkan dengan kipas angin dan nyalakan kipas angin tersebut. Apa yang terjadi dengan air dalam ember tersebut?
b. Guncangkanlah ember berisi air tersebut seolah-olah terjadi gempa. Apa yang terjadi dengan air tersebut?
Dari percobaan di atas, tentunya kamu dapat menyimpulkan faktor apa saja yang memengaruhi gelombang. Bagaimana kesimpulanmu? Adakah faktor lain yang memengaruhi? Mari kita pelajari bersama!

a. Gelombang
Dari percobaan di atas, kamu dapat menentukan faktor yang menyebabkan terjadinya gelombang. Pergerakan gelombang dipengaruhi oleh angin, gempa di dasar laut, dan pengaruh letak matahari dari bulan.
1) Bagaimana Angin Membuat Gelombang?
Angin yang melintasi bentangan samudra akan bergesekan dengan permukaan air laut dan membentuk gelombang. Angin mengubah energi kinetik, yaitu energi gerak dari molekul molekul air sehingga terjadi gelombang. Gelombang seperti gerakan yang memindahkan sejumlah air secara terusmenerus. Gelombang sebenarnya berupa gerakan menggulingkan air pada poros itu juga sehingga gelombang tidak menyebabkan air berpindah. Saat gelombang mendekati pantai akan pecah dengan karakteristik yang ditentukan oleh bentuk dan lereng pantai.
2) Bagaimana Gempa Menciptakan Gelombang?
Di dasar laut terdapat lempeng-lempeng benua yang terus bergerak. Hal ini memungkinkan terjadinya tumbukan maupun gesekan yang mengakibatkan terjadinya gelombang dahsyat yang disebut tsunami.

b. Gerak Air Laut Berupa Pasang Purnama dan Pasang Perbani
Pasang naik dan pasang turun adalah naik turunnya air laut. Bagaimana pasang surut bisa terjadi? Matahari dan bulan masing-masing menarik Bumi sehingga air laut naik dan turun dalam pola harian yang disebut pasang. Gaya tarik bulan lebih besar karena jarak dengan Bumi yang lebih dekat. Berbeda dengan matahari, walaupun lebih besar tetapi jarak dengan Bumi lebih jauh. Pasang menyebabkan air samudra agak menonjol di kedua sisi Bumi.
Periode Bulan mengelilingi Bumi memerlukan waktu 271/3 hari. Saat bulan mengelilingi Bumi tonjolan pasang bergeser mengikutinya. Karena Bumi juga berotasi menyebabkan terjadinya pasang dan surut dua kali sehari dengan keterlambatan 50 menit setiap hari. Beda antara ketinggian pasang naik dan pasang surut disebut kisaran pasang. Apakah kamu mengetahui apa yang dimaksud dengan pasang purnama dan pasang perbani?

Pasang Perbani (Pasang Kecil)
Pasang ini terjadi ketika bulan dan matahari berada pada sudut tegak lurus terhadap Bumi. Gravitasi bulan dan matahari saling melemahkan hasilnya berupa pasang yang lemah. Terjadi kira-kira setiap dua minggu.
Pasang Purnama (Pasang Besar)
Pasang ini terjadi pada waktu bulan dan matahari membentuk garis lurus dengan Bumi, tarikan gravitasi matahari dan bulan bekerja terpadu sehingga menghasilkan pasang yang tinggi. Ini terjadi setiap dua minggu, pada bulan purnama dan bulan baru.

Selain terjadi pasang purnama dan pasang perbani, air laut juga mengalami pasang surut harian yang terjadi dua kali pasang dan dua kali surut dalam setiap hari. Ada juga pasang badai yang sangat tinggi yang disebabkan oleh badai tropis yang terbentuk di atas samudra. Badai ini disebut taifun, siklon atau hurikan (hurricane) yang menimbulkan angin kencang dan menghempaskan gelombang tinggi ke pantai. Selain gerakan gelombang yang naik turun, adakah gerakan air dalam bentuk lain di lautan yang luas? Kamu sering mendengar berita tentang orang yang hilang karena terseret ke tengah laut. Apakah penyebabnya? Ya, arus gerakan ini berupa aliran sehingga mampu menyeret orang ke tengah laut. Bagaimana arus bisa terjadi?

c. Arus Laut
Air di lautan tidak pernah berhenti bergerak, karena lautan memiliki suatu sistem peredaran yang kompleks yang terdiri atas bermacam-macam arus. Angin merupakan faktor penting penyebab terjadinya arus-arus di permukaan samudra. Apa sajakah arusarus yang terjadi di laut dan bagaimana terjadinya?
1) Berdasarkan Letaknya
Angin yang bergerak di atas permukaan menyebabkan terjadinya arus permukaan. Hal ini terlihat pada percobaan kita sebelumnya yang menggunakan seember air dan kipas angin. Lalu, bagaimana arus dasar dan arus tengah terjadi? Arus bawah dan arus tengah terjadi di bawah permukaan air laut. Radiasi dari matahari menggerakkan sel-sel konveksi, yang terutama menghasilkan angin dan arus samudra. Radiasi tersebut menghangatkan Bumi secara tidak merata. Suhu permukaan di khatulistiwa melampaui suhu di kutub dengan perbedaan 24° C. Karena perbedaan suhu inilah terjadi arus tengah dan arus dasar.
2) Berdasarkan Suhu
Suhu di permukaan Bumi dipengaruhi oleh intensitas penyinaran matahari. Pemanasan yang tidak merata menyebabkan perbedaan suhu. Demikian halnya di permukaan laut. Lalu apa dampaknya? Dapat kamu lihat saat air mulai mendidih. Apa yang terjadi? Apakah timbul arus? Ya, karena adanya pemanasan akan menimbulkan arus. Berdasarkan suhu, arus laut dibedakan menjadi arus panas dan arus dingin.
3) Berdasarkan Sebab Terjadinya
Selain berdasarkan suhu dan letaknya, masih adakah arus yang lain? Berdasarkan sebab terjadinya ada beberapa jenis arus, antara lain sebagai berikut.
a) Arus laut terjadi karena tiupan angin secara teratur dan terus-menerus di permukaan Bumi. Kamu sudah memahami berbagai jenis angin, seperti angin pasat, angin muson, dan angin barat. Jenis angin tertentu akan menimbulkan karakteristik arus yang berbeda.
b) Perbedaan kadar garam dapat menimbulkan arus yang bersifat lokal.
c) Pasang purnama dan pasang perbani juga menyebabkan terjadinya arus laut.

Beberapa pengaruh arus laut terhadap iklim, flora, fauna, dan manusia.
1. Arus Gulfstream yang bersifat panas membuat pelabuhan-pelabuhan di Eropa tidak pernah membeku sehingga transportasi perairan laut lancar. Selain itu membuat musim dingin tidak terlalu dingin.
2. Bertemunya arus dingin dan panas menyebabkan banyak plankton hidup di wilayah tersebut.
3. Persebaran kelapa ke Oseania, Asia Selatan dan Indonesia terjadi dengan media arus laut.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: