Latest News

SISTEM ENDOKRIN & Fungsi utama hormon pada manusia

SISTEM ENDOKRIN & Fungsi utama hormon pada manusia
Anda tentu pernah menghadapi suatu ujian yang menuntut suatu kelulusan. Untuk menghadapinya, Anda harus belajar sungguh-sungguh untuk mempersiapkan ujian itu. Tahukah Anda, apa yang terjadi pada tubuh Anda saat itu? Pada saat itu, kelenjar adrenalin yang letaknya di atas ginjal memproduksi hormon ini. Sekresi ini bertujuan untuk memperkuat denyut jantung dan mempercepat frekuensi denyutnya. Sekresi hormon ini juga berfungsi mengubah glikogen menjadi glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dari proses iniAnda akan memiliki semangat yang besar dalam mempersiapkan ujian tersebut.
Dari fakta ini, Anda telah mendapatkan suatu gambaran tentang hormon. Hormon ini sebenarnya merupakan senyawa organik yang dihasilkan oleh kelenjar endokrin. Kelenjar endokrin disebut juga kelenjar buntu karena tidak memiliki saluran khusus sehingga hormon yang dikeluarkan akan masuk dalam peredaran darah dan mempengaruhi organ- organ tertentu.
Hormon mempunyai pengaruh pada tubuh secara bertahap, namun pasti. Fungsi utama hormon adalah:
1. mengendalikan proses-proses yang terjadi di dalam tubuh seperti proses pertumbuhan, perkembangan sexsual dan proses metabolisme yang lain;
2. menjaga keseimbangan dalam tubuh atau disebut juga homeostasis.
Sebagai penjaga keseimbangan tubuh, maka hormon ini memiliki mekanisme kerja umpan balik, artinya adalah jumlah produksi hormon tertentu akan berpengaruh terhadap produksi hormon yang lain. Misalnya, kerja antara PTH dan hormon tiroksin memberikan suatu sistem pengawasan dan keseimbangan homeostasis dengan cepat setelah terjadi suatu perubahan.

Selain itu, sekresi beberapa hormon juga dipengaruhi oleh kebutuhan akan hormon tersebut. Beberapa hormon juga bekerja secara antagonis, contohnya, insulin dengan glukogen, serta PTH dengan kalsitonin. Pengaturan hormon yang lain adalah apabila sebuah hormon merangsang produksi hormon kedua, maka hormon kedua dapat menekan produksi hormon pertama tadi. Hubungan ini dapat dilihat antara estrogen dengan FSH. Jika jumlah estrogen naik, maka justru akan menekan produksi FSH.

0 Response to "SISTEM ENDOKRIN & Fungsi utama hormon pada manusia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...