Latest News

Pengeksploitasian dan Pengontrolan Sumber-Sumber Ekonomi pada masa jepang di Indonesia dan Dampaknya

Pendudukan Jepang membawa dampak yang sangat buruk dalam kehidupan ekonomi rakyat Indonesia. Ketika Jepang menduduki Indonesia, berbagai faktor produksi penting telah hancur dan sebagian besar kehidupan ekonomi lumpuh. Pemerintah pendudukan Jepang mulai mengeluarkan peraturan untuk menjalankan ekonomi. Pengawasan terhadap penggunaan dan peredaran sisa-sisa persediaan barang diperketat. Untuk mencegah kenaikan harga barang, pemerintah pendudukan Jepang mengeluarkan peraturan pengendalian harga. Pelanggaran terhadap peraturan itu dijatuhi hukuman berat. Semua harta benda dan perusahaan penting, seperti pertambangan, listrik, telekomunikasi, dan transportasi, langsung dikuasai pemerintah pendudukan Jepang........

Adanya peraturan pembatasan dan penguasaan alat-alat produksi oleh pemerintah merupakan ciri ekonomi perang. Pola ekonomi perang yang direncanakan Jepang di Indonesia adalah bahwa di setiap wilayah lingkungan daerah harus melaksanakan autarki. Pulau Jawa dibagi atas 17 lingkungan autarki. Sumatra dibagi atas 3 lingkungan autarki dan 3 lingkungan bagi daerah minseifu (diperintah Angkatan Laut Jepang). Tugas autarki daerah adalah memenuhi kebutuhan sendiri, serta ketahanan daerahnya untuk memproduksi bahan-bahan kebutuhan perang. Kedua tugas ini dilaksanakan secara konsekuen oleh pemerintah pendudukan Jepang. Rakyat dan kekayaan Indonesia dikorbankan Jepang untuk kepentingan perangnya.

Pemerintah pendudukan Jepang merupakan pemerintahan militer. Oleh karena itu, sesuai dengan keadaan perang pada saat itu, semua jenis kegiatan diarahkan untuk kepentingan perang. Pemerintah pendudukan Jepang telah melakukan eksploitasi secara besar-besaran terhadap sumber daya alam Indonesia serta tenaga manusia yang ada. Pengisapan sumber daya alam dan tenaga manusia ini dilakukan Jepang demi memenangkan perang melawan Sekutu. Usaha Jepang dalam memeras sumber daya alam di Indonesia, antara lain sebagai berikut.
a. Petani harus menyerahkan sebagian hasil panen, ternak, dan harta miliknya yang lain kepada pemerintah pendudukan Jepang untuk biaya Perang Asia Pasifik.
b. Hasil kekayaan alam di Indonesia yang berupa hasil tambang, perkebunan, dan hutan diangkut ke Jepang.
c. Jepang memaksa penduduk untuk menanam pohon jarak pada lahan pertaniannya.........

0 Response to "Pengeksploitasian dan Pengontrolan Sumber-Sumber Ekonomi pada masa jepang di Indonesia dan Dampaknya"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...