Latest News

Lobus Kelenjar Hipofisis & Macam-Macam Hormon Beserta Fungsinya

Kelenjar Hipofisis ini disebut juga kelenjar pituitari dan dijuluki master of glands, artinya adalah raja kelenjar. Mengapa disebut demikian? Hal ini disebabkan karena sekresinya dapat mengatur kelenjar yang lain. Kelenjar ini terletak di dasar otak dan terdiri atas tiga lobus.

a. Lobus Depan (Anterior)
Bagian lobus depan mensekresikan paling banyak hormon dibandingkan bagian yang lain. Hormon yang disekresikan dapat Anda lihat pada tabel

Macam-Macam Hormon Beserta Fungsinya
1.    HGH (Hormon pertumbuhan) Merangsang pertumbuhan kerangka dan tubuh.Hiposekresi HGH pada anak-anak mengakibatkan pertumbuhan terhambat atau kerdil, sedangkan hipersekresi HGH mengakibatkan gigantisme.
2.    Prolaktin (PRL) Merangsang sekresi susu setelah melahirkan, meningkatkan reabsorbsi garam oleh ginjal. Pada laki-laki dapat meningkatkan perkembangan kelenjar kelamin dan sekresi hormon testosterone.
3.    Hormon perangsangtiroid (TSH) Merangsang kelenjar tiroid untuk menyekresikan tiroksin. Kelebihan TSH dapat mengakibatkan gondok.
4.    Hormon adrenokor tikotropik (ACTH) Merangsang korteks kelenjar adrenal untuk mensekresikan beberapa hormon.
5.    Hormon perangsang folikel (FSH) Merangsang perkembangan folikel-folikel dalam ovari, merangsang sekresi estrogen oleh folikel, dan mempengaruhi pematangan telur pada seorang wanita. Pada laki-laki merangsang perkembangan tubulus semuniferus dan produksi sperma.
6.    Hormon Luteinizing (LH) Merangsang ovulasi, membentuk korpus luteum, dan merangsang korpus luteum untuk mensekresikan hormon progesterone pada wanita. Pada laki-laki merangsang testis untuk mensekresikan hormon androgen ke aliran darah. Hormon androgen ini merupakan hormon kejantanan pria.
7.    Beta-lipotropin (B – LPH) Meningkatkan metabolisme lemak.
8.    Hormon perangsang melanosit (MSH) Merangsang pigmentasi pada kulit.

b. Lobus Tengah
Bagian ini berfungsi untuk mensintesis hormon yang memberikan pigmen warna kulit yang disebut melanocyte stimulating hormon (MSH).

c. Lobus Belakang (Posterior)
Pada bagian ini sebenarnya tidak diproduksi hormon sendiri, melainkan menyimpan hormon-hormon yang dihasilkan oleh se-sel saraf yang berasal dari hipotalamus otak. Hormon itu, antara lain seperti berikut.
1) Oksitosin
Hormon ini berfungsi untuk mempengaruhi kontraksi uterus saat melahirkan dan mempengaruhi pengeluaran air susu pada seorang wanita. Selain itu, hormon ini juga berpengaruh terhadap pengeluaran hipofisis anterior yang spesifik pada seorang laki-laki, yaitu dapat membantu pengeluaran sperma.
2) Antidiuretik (ADH)
Hormon ini memiliki fungsi, antara lain merangsang kontraksi dinding otot arteriol sehingga dapat mempersempit pembuluh tersebut dan dapat meningkatkan tekanan darah serta merangsang reabsobsi air dari tubulus ginjal.

0 Response to "Lobus Kelenjar Hipofisis & Macam-Macam Hormon Beserta Fungsinya"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...