Latest News

Dampak Perilaku Agama


Agama Islam merupakan agama yang dianut oleh mayoritas masyarakat Indonesia. Setelah Islam ada agama Nasrani (Katholik dan Kristen Protestan), Hindu, Buddha, dan aliran kepercayaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Hal ini dapat dilihat dari ciri-ciri khas daerah seperti Lombok dikenal sebagai Pulau Seribu Masjid, Bali dikenal sebagai Pulau Seribu Pura. Ini berarti di Lombok penduduk mayoritas beragama Islam dan di Bali mayoritas beragama Hindu.

Di daerah-daerah lain seperti Jawa, Sumatera, Kalimantan, Sulawesi, sebagian besar beragama Islam di samping agama-agama yang lain. Sementara itu, sebagian kecil masyarakat pedesaan di berbagai daerah masih mempercayai adanya kekuatan-kekuatan atau kesaktian yang terdapat pada benda-benda pusaka seperti keris dan benda-benda yang lain. Di samping itu ada yang mempercayai adanya arwah atau roh leluhur dan makhluk halus yang diyakini oleh mereka bahwa makhluk halus tersebut dapat mendatangkan kesuksesan, kebahagiaan, ketenteraman, dan keselamatan. Sebaliknya, makhluk-makhluk halus tersebut diyakini dapat juga mendatangkan bencana, penyakit, ketakutan, dan kematian. Dari fenomena di atas, maka agama/religi mempunyai pengaruh dalam kehidupan masyarakat setempat. Di bawah ini akan Anda pelajari pengaruh-pengaruh tersebut.

1) Dampak Positif
Adanya keyakinan kepada agama, dan mempercayai kekuasaan Tuhan Yang Maha Esa, akan menciptakan masyarakat yang religius karena masyarakat merasa sebagai hamba atau makhluk Tuhan yang hanya dapat bergantung pada kemurahan atau rahmat Tuhan. Keimanan dan ketakwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa akan menciptakan masyarakat yang tenang dan tenteram.

2) Dampak Negatif
Adanya kepercayaan sebagian masyarakat yang masih mempercayai roh atau cousin leluhur, dan hantu yang dapat mendatangkan kekuatan, keselamatan, bahkan dapat mendatangkan penyakit, bencana, dan kematian akan memyebabkan semakin tipisnya keimanan manusia karena mereka tidak menyadari bahwa arwah atau roh hantu juga merupakan makhluk Tuhan. Yang lebih dikhawatirkan lagi, kepercayaan-kepercayaan tersebut akan menimbulkan pelanggaran-pelanggaran yang sebenarnya merupakan hal-hal yang dilarang oleh Tuhan dan melahirkan mental negatif. Hal ini akan menimbulkan keresahan pada masyarakat.

0 Response to "Dampak Perilaku Agama"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...