Latest News

Fungsi Agama/Religi/Kepercayaan


1. Fungsi Pendidikan
Agama merupakan pedoman hidup manusia dalam menjalani hidup di dunia yang dapat memberikan bimbingan dan tuntunan kepada umatnya untuk mengenal tindakan yang benar dan yang salah, yang baik dan yang buruk.

2. Fungsi Sosial
Agama disamping mengatur hubungan antara umatnya dengan Tuhan juga mengatur hubungan manusia dengan sesamanya. Dalam hal ini ada pembinaan rasa kasih sayang, tolong-menolong dengan keikhlasan, hidup rukun, ikut meringankan beban bagi yang lemah, dan membina hubungan dengan sesama manusia secara harmonis.

3. Fungsi Pengendalian Diri
Agama menanamkan kesadaran akan eksistensi diri manusia sebagai makhluk yang lemah dengan segala keterbatasan. Hal ini akan menyadarkan manusia tentang kehidupannya, kedudukan, popularitas, pemilikan harta benda, kecerdasan, dan sebagainya, sehingga manusia tidak menyombongkan dirinya.

4. Fungsi Perlindungan
Manusia menyadari keberadaannya di dunia tidak lepas dari kekuasaan Tuhan. Maka, dalam menjalani hidup maupun sesudah mati, manusia membutuhkan keselamatan berdasarkan keyakinan terhadap Tuhan. Dengan keyakinan tersebut manusia percaya bahwa usaha dalam mencari rezeki, meraih cita-cita, tidak lepas dari kekuasaan Tuhan. Dengan demikian, manusia akan selalu merasa hidup dalam ketenangan dan ketenteraman.

0 Response to "Fungsi Agama/Religi/Kepercayaan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...