Latest News

Pengaruh Budaya Asing terhadap indonesia


Coba kalian amati budaya yang berkembang di lingkungan sekitar kalian sekarang ini. Apakah budaya tersebut benar-benar asli dari daerah tempat tinggal kalian atau sudah tercampur dengan pengaruh budaya asing? Dalam benak kalian tentunya timbul pertanyaan, mengapa budaya asing yang berasal dari luar dapat berkembang di lingkungan sekitar tempat tinggal kalian?

Ada fakta yang selalu membuat penasaran para Antropolog, yaitu terdapat kemiripan atau persamaan dari beberapa ciri kebudayaan dari berbagai masyarakat di seluruh dunia. Para Antropolog menemukan bahwa ada persamaan unsur-unsur kebudayaan masyarakat Indonesia dengan kebudayaan masyarakat lainnya diberbagai belahan dunia. Fakta budaya ini melahirkan beberapa teori dalam Antropologi. Persoalan utama yang harus dijawab adalah bagaimanakah terjadinya persamaan unsur-unsur kebudayaan masyarakat Indonesia dengan masyarakat lainnya di berbagai tempat di dunia ini? Jawabannya dapat kita peroleh dengan mempelajari teori-teori difusi kebudayaan.

Menurut Dwi Wahyudiarto (2005:37) “ilmu paleoantropologi memperkirakan bahwa makhluk manusia terjadi di suatu daerah tertentu di muka bumi, yaitu daerah Sabana Tropikal di Afrika Timur”. Dari daerah ini manusia menyebar ke seluruh muka bumi. Penyebaran manusia terjadi dalam waktu yang sangat lama akibat dari pertumbuhan penduduk, migrasi serta adaptasi fisik dan sosial budaya. Menurut Koentjaraningrat (1999:151-152) “penyebaran dan migrasi kelompok-kelompok manusia diikuti oleh penyebaran berbagai unsur kebudayaan yang disebut dengan proses difusi”. Atas dasar teori ini, sekarang kita dapat memberi jawaban atas pertanyaan “apa penyebab terdapatnya kesamaan unsur-unsur kebudayaan pada berbagai masyarakat di dunia termasuk masyarakat Indonesia?” Jawabannya adalah persamaan unsur-unsur kebudayaan disebabkan adanya penyebaran kebudayaan dari suatu masyarakat ke masyarakat lainnya, adanya penyebaran kebudayaan dari masyarakat asing ke masyarakat Indonesia, atau sbaliknya.

0 Response to "Pengaruh Budaya Asing terhadap indonesia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...