Latest News

Penelitian Singkat mengenai masalah etnografi


Materi mengenai metodologi etnografi hanya dianjurkan untuk dipelajari sebagai pengetahuan praktis bagi kalian yang berniat mengadakan penelitian sosial budaya dalam kegiatan Karya Ilmiah Remaja (KIR). Apabila waktu, kesempatan, dan biaya memungkinkan, sangat dianjurkan me-lakukan observasi dan deskripsi etnografi terhadap pola kebudayaan setempat. Di samping itu, observasi dan deskripsi etnografi dapat pula dilakukan terhadap pola kebudayaan suku bangsa kalian sendiri. Hal ini penting agar kalian menyadari bahwa semua suku bangsa merupakan bagian dari masyarakat dan kebudayaan Indonesia.
Penelitian singkat mengenai etnografi dimaksudkan sebagai observasi terbatas mengenai fenomena atau kelompok masyarakat tertentu, bukan penelitian etnografi yang bersifat holistik atau menyeluruh. Penelitian singkat itu, misalnya mengenai masalah-masalah sebagai berikut.

1. Sistem Religi
Bidang religi yang dapat diteliti dengan metode penelitian etnografi antara lain adalah:
a. upacara pemberian sesaji di tempat-tempat yang dikeramatkan;
b. upacara “Sedekah Bumi” untuk menghormati Dewi Sri;
c. tata upacara merawat dan menguburkan jenazah.

2. Upacara-Upacara
Upacara-upacara yang diteliti ialah upacara-upacara adat yang terkait ke dalam pergantian tingkat umur seperti khitanan, perkawinan, tujuh bulanan, dan turun tanah atau tedak siti.

3. Sistem Kesenian
Sistem kesenian yang dapat diteliti antara lain tari-tari pergaulan dan tari-tari menyambut tamu agung.
4. Sistem Mata Pencaharian Hidup
Sistem mata pencaharian yang dapat diteliti dengan metode penelitian etnografi antara lain pertanian sawah, desa nelayan, dan peternakan sapi perah.

5. Pola Kebudayaan Suku Bangsa Setempat
Di Indonesia terdapat banyak suku bangsa. Menurut data etnografi di Indonesia terdapat lebih dari 250 suku bangsa, yang masing-masing memiliki corak kebudayaan daerah yang khas.

Untuk melaksanakan penelitian singkat ini, beberapa hal yang perlu diperhatikan antara lain sebagai berikut.
1. Unsur atau masalah yang akan diteliti.
2. Metode yang akan dipakai.
3. Penentuan daerah penelitian.
4. Penentuan lembaga atau suku bangsa (jika tentang kelompok masyarakat).
5. Kerangka acuan dasar penelitian.
6. Hal-hal teknis menuju atau selama berada di daerah penelitian: bagaimana transportasinya, bagaimana akomodasinya, dan yang paling penting tentu anggaran biayanya.
Semua unsur persiapan itu disusun dalam bentuk proposal. Selain itu, perlu dibuat pula schedule atau jadwal pelaksanaannya.
Setelah selesai mengadakan penelitian, data yang diperoleh harus segera diolah. Jangan ditunda-tunda supaya tidak lupa atau ada yang terlewat. Laporan tertulis disusun berdasarkan data yang ditemukan.

0 Response to "Penelitian Singkat mengenai masalah etnografi"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...