September 14, 2011

Teknik Analisis dalam Penelitian Etnografi


Penelitian etnografi adalah penelitian yang mengunakan lagkah-langkah naturalistik maka seperti diungkapkan oleh Spradley maka analisis yang digunakan dilapangan harus langsung dilapanan bersama-sama dengan pengumpulan data. Ada empat tahap dalam melakukan analisis data dalam penelitian etnografi. Adapun empat analisisnya sebagai berikut.

a. Analisis Domain
Analisis domain dilakukan terhadap data yang diperoleh dari pengamatan berperanserta atau wawancara dan pengamatan deskriptif yang terdapat dalam catatan lapangan. Pengamatan deskriptif berarti mengadakan pengamatan secara menyeluruh terhadap sesuatu yang ada dalam latar penelitian. Dalam melakukan analisa domain ini data yang didapat sudah melalui pengecekan ulang dulu sehingga tidak terjadi pengulangan-pengulangan dalam menganalisis. Kegiatan pengecekan ulang inilah dimaksud juga untuk memvaliditaskan data-data yang didapat. Dalam penelitian etnografi ada enam tahap untuk melaksanakan analisis domain, yaitu sebagai berikut.
a) Memilih salah satu hubungan sematik yang tersedia;
b) Menyiapkan lembar analisis domain;
c) Memilih salah satu sampel catatan lapangan yang dibuat terakhir untuk memulaianya;
d) Mencari istilah acuan dan istilah bagian yang cocok dengan hubungan semantik dari catatan lapangan;
e) Mengulani usaha pencarian domain sampai semua hubungan semantik habis; dan
f) Membuat daftar yang ditemukan (teridentifikasi).
Keenam tahapan ini dijadikan sebagai acuan dalam melakukan analisis dilapangan agar hasil dari laporan penelitian mampu menggambarkan kejadian-kejadian dilapangan.

b. Analisis Taksosnomi
Setelah selesai analisis domain, dilakukan pengamatan dan wawancara terfokus berdasarkan fokus yang sebelumnya telah dipilih peneliti. Analisis ini sudah memasuki pada penyusunan matrik penelitian.
Kegiatan yang dilakukan adalah dari hasil pengamatan yang dipilih dimanfaatkan untuk memperdalam data yang telah ditempatkan melalui pengajuan sejumlah pertanyaan kontras. Data hasil wawancara terpilih dimuat dalam catatan lapangan yang terdapat dibuku lampiran. Dalam analisis ini ada tujuh langkah yang harus dilalui oleh peneliti etnografi. Ketujuh langkah ini adalah sebagai berikut.
a) Memilih satu domain untuk di analisis;
b) Mencari kesamaan atas dasar hubungan semantik yang sama yang digunakan untuk domain itu;
c) Mencari tambahan isitlah bagian;
d) Mecari domain yang lebih besar dan lebih inklusif yang dapat dimasukan sebagai sub bagian dari domain yang sedang dianalisis;
e) Membentuk taksonomi sementara;
f) Mengadakan wawancara terfokus untuk mencek analisis yang telah dilakukan; dan
g) Membangun taksonomisecara lengkap.
Dalam Analisi ini bentuk pra laporan sudah dapat ditulis menjadi subsub dalam matrik data penelitian. Hasil dari analisis ini mungkin sudah menggambarkan penelitian yang di maksud.

c. Analisis Komponen
Analisis komponen dilakukan setelah analisis taksonomi sudah selesai secara benar. Dalam analisis ini peneliti melakukan wawancara atau pengamatan terpilih untuk memperdalam data yang telah ditemukan melalui pengajuan sejumlah pertanyaan kontras. Data hasil wawancara terpilih dimuat dalam catatan lapangan-lapangan yang terdapat dalam buku lampiran.
Ada delapan langkah dalam melakukan analisis ini. Kedelapan langkah ini adalah sebagai berikut.
a) Memilih domain yang akan dianalisis;
b) Mengidentfikasi seluruh kontras yang telah ditemukan;
c) Menyiapkan lembar paradigma;
d) Mengidentifikasi dimensi kontras yang memiliki dua nilai;
e) Mengabungkan dimensi kontras untuk ciri yan tidak ada;
f) Menyiapkan pertanyaan kontras untuk ciri yang tidak ada;
g) Mengadakan pengamatan terpilih untuk melengkapi data; dan
h) Menyiapkan paradigma lengkap.
Analisis ini sudah dekat dengan teori-teori yang mempengaruhi masalah yang diteliti. Dalam melakukan analisis ini harus menggunakan teoriteori antropologi yang relevan dengan masalah yang ditelitinya.

d. Analisis Tema
Analisi tema merupakan seperangkat prosedur untuk memahami secara holistik pemandangan yang sedang diteliti. Sebab setiap kebudayaan terintegrasi dalam beberapa jenis pola yang lebih luas. Tujuh cara untuk menemukan tema yaitu.
a) Melebur diri;
b) Melakukan analisis komponen terhadap istilah acuan;
c) Menemukan prespektif yang lebih luas melalui pencarian domain dalam pemandangan budaya;
d) Menguji dimensi kontras selurus domain yang telah dianalisis;
e) Mengidentifikasi domain terorganisir;
f) Membuat gambar untuk memvisualisasi hubungan antar domain;
h) Mencari tema universal yaitu kontradiksi budaya.
Analisis tema ini adalah analisis terakhir dan dilakukan ketika akan melakukan penyusunan laporan penelitian. Ini juga sebagai analisis yang menggambarkan dari penelitian sesungguhnya.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: