Latest News

Pasar Input


Pasar input disebut juga pasar faktor produksi, yaitu pasar yang menawarkan faktor-faktor produksi. Faktor-faktor produksi ini terkait dengan kegiatan memproduksi. Dalam kegiatan memproduksi, pengusaha-pengusaha terlebih dahulu harus memerhatikan keadaan di pasar barang. Langkah ini mempunyai dua tujuan berikut ini.
1. Untuk menentukan jenis barang yang diinginkan oleh para konsumen. Perizinan ini memberikan petunjuk kepada perusahaan-perusahaan tentang jenis barang yang sebaiknya mereka produksi.
2. Untuk menentukan besarnya tingkat produksi yang sebaiknya dicapai, yaitu tingkat produksi yang akan menghasilkan keuntungan maksimum kepada mereka.

Setiap faktor produksi yang terdapat dalam perekonomian dimiliki oleh anggota rumah tangga. Pemiliknya menyediakan faktor produksi tersebut untuk digunakan oleh para pengusaha, dan sebagai balas jasanya mereka akan memperoleh pendapatan. Tenaga kerja mendapat gaji dan upah, tanah memperoleh sewa, modal memperoleh bunga, dan keahlian kewirausahaan memperoleh keuntungan. Pendapatan yang diperoleh masingmasing jenis faktor produksi tersebut tergantung pada harga dan jumlah masing-masing faktor produksi yang digunakan.

Mengapa para pengusaha membutuhkan modal, tenaga kerja, dan faktor produksi lainnya dalam kegiatan usahanya? Di mana dapat ditemukan semua itu? Jawabnya adalah di pasar modal, pasar tenaga kerja, atau pasar faktor produksi lainnya.

0 Response to "Pasar Input"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...