Latest News

Konsep Pasar Barang


Pasar sebagai pusat pertemuan penghasil dan pemakai (produsen dan konsumen), telah dikenal sejak zaman purba. Ketika sifat perdagangan masih berupa pertukaran barang (barter) yang awalnya timbul di persilangan jalur lalu lintas yang penting seperti di pelabuhan. Pasar kemudian meluas baik bentuk, jenis komoditas yang dijual maupun proses transaksinya. Bentuk pasar dapat dilihat dari tingkat persaingan yang dapat dilihat dengan mengetahui jumlah pembeli dan penjual serta barang yang diperjualbelikan. Apabila dilihat dari segi permintaan dan penawaran, bentuk pasar dapat dibedakan menjadi beberapa macam.
1. Dari segi permintaan, pasar dibedakan sebagai berikut:
a. pasar persaingan sempurna,
b. pasar monopsonistik,
c. pasar oligopsoni, dan
d. pasar monopsoni.

2. Dari segi penawaran, bentuk pasar dibedakan sebagai berikut:
a. pasar persaingan sempurna,
b. pasar monopolistik,
c. pasar oligopoli, dan
d. pasar monopoli.

0 Response to "Konsep Pasar Barang"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...