August 20, 2011

faktor-faktor Penentuan Tingkat Upah Tenaga Kerja


Penentuan tingkat upah dalam setiap pasar berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini faktor-faktor penting yang menjadi sumber dari perbedaan upah di antara pekerja-pekerja di dalam suatu jenis pekerjaan tertentu dan di antara berbagai golongan pekerja.
1) Perbedaan Corak Permintaan dan Penawaran dalam Berbagai Jenis Pekerjaan
Permintaan dan penawaran tenaga kerja dalam suatu jenis pekerjaan sangat besar peranannya dalam menentukan upah. Di dalam suatu pekerjaan yang terdapat penawaran tenaga kerja yang cukup besar tetapi tidak banyak permintaan, upah cenderung mencapai tingkat yang rendah, demikian seterusnya. Bila dalam suatu pekerjaan yang terdapat penawaran tenaga kerja yang terbatas tetapi permintaan sangat besar, upah cenderung mencapai tingkat tinggi.

2) Perbedaan Corak Pekerjaan
Kegiatan ekonomi meliputi berbagai jenis pekerjaan. Ada di antara pekerjaan tersebut merupakan pekerjaan yang ringan dan sangat mudah dikerjakan. Tetapi ada pula pekerjaan yang harus dikerjakan dengan mengeluarkan tenaga fisik yang besar, serta ada pula pekerjaan yang harus dilakukan dalam lingkungan yang kurang menyenangkan. Coba kalian perhatikan, pekerjaan seorang pesuruh yang bekerja di kantor yang ada ACnya dengan tukang, petani, atau pekerja-pekerja lapangan lainnya. Golongan pekerja seperti tukang, petani, atau pekerja-pekerja lapangan ini biasanya akan menuntut dan memperoleh upah yang lebih tinggi daripada pesuruh kantor, karena mereka melakukan kerja yang lebih memerlukan tenaga fisik dan bekerja dalam keadaaan yang kurang menyenangkan.

3) Perbedaan Kemampuan, Keahlian, dan Pendidikan
Kemampuan, keterampilan, dan keahlian para pekerja dalam setiap pekerjaan adalah berbeda. Pekerja yang mempunyai kepandaian, ketekunan, dan ketelitian menyebabkan mereka mempunyai produktivitas yang tinggi. Hal ini membuat para pengusaha biasanya tidak segan-segan untuk memberikan upah yang lebih tinggi pada si pekerja. Dalam perekonomian yang semakin maju, kegiatan-kegiatan ekonomi semakin memerlukan tenaga terdidik.

Manajer profesional, tenaga teknik, tenaga akuntan, dan berbagai tenaga profesional lainnya akan selalu diperlukan untuk memimpin perusahaan modern dan menjalankan kegiatan produksi secara modern. Makin rumit pekerjaan yang diperlukan makin lama masa pendidikan dari tenaga ahli yang diperlukan. Pendidikan yang panjang menyebabkan tidak banyak tenaga kerja yang dapat mencapai taraf pendidikan yang tinggi. Kekurangan penawaran seperti ini menyebabkan upah yang diperoleh tenaga terdidik adalah lebih tinggi daripada para pekerja yang lebih rendah pendidikannya. Selain itu tenaga kerja yang lebih tinggi pendidikannya memperoleh pendapatan yang lebih tinggi karena pendidikannya meningkatkan kemampuan kerja dan produktivitas.

4) Pertimbangan Bukan Uang
Daya tarik suatu pekerjaan bukan saja pada besarnya upah yang ditawarkan. Ada tidaknya perumahan yang tersedia, jauh dekatnya rumah pekerja, di kota besar ataukah di tempat terpencil, jauh dekatnya dengan keluarga merupakan beberapa pertimbangan yang harus dipertimbangkan dalam menentukan tingkat pendapatan yang dituntut.

Faktor-faktor bukan uang di atas mempunyai peranan yang cukup penting pada waktu seseorang memiliki pekerjaan. Seseorang seringkali bersedia menerima upah yang lebih rendah apabila beberapa pertimbangan bukan uang sesuai dengan keinginannya. Sebaliknya, bila faktor-faktor uang banyak yang tidak sesuai dengan keinginan seorang pekerja, ia akan menuntut upah yang lebih tinggi sebelum bersedia menerima pekerjaan yang ditawarkan.

5) Dalam Konteks Mobilitas Tenaga Kerja
Dalam konteks mobilitas tenaga kerja berarti kalau dalam pasar tenaga kerja terjadi perbedaan upah, maka tenaga kerja akan mengalir ke pasar tenaga kerja yang upahnya lebih tinggi.

Perpindahan ini akan terus berlangsung sehingga tidak terdapat lagi perbedaan upah. Namun dalam kenyataannya, tidaklah demikian. Upah dari suatu pekerjaan di berbagai wilayah dan bahkan dalam suatu wilayah tidaklah sama. Salah satu faktor yang menimbulkan perbedaan tersebut adalah ketidaksempurnaan dalam mobilitas tenaga kerja.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: