August 20, 2011

Ciri-Ciri, kelebihan dan kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik


a. Ciri-Ciri Pasar Persaingan Monopolistik
1) Terdapat Banyak Penjual
Terdapat banyak penjual dalam pasar persaingan monopolistik, namun tidak sebanyak di pasar persaingan sempurna. Para penjual mempunyai ukuran dan kesempatan yang relatif sama besarnya. Keadaan ini menyebabkan produksi suatu perusahaan relatif sedikit kalau dibandingkan dengan keseluruhan produksi dalam pasar.
2) Barangnya Berbeda Corak
Ciri ini membedakan pasar persaingan monopolistik dengan pasar persaingan sempurna. Produksi barang di pasar persaingan monopolistik yang berbeda corak menyebabkan produk antara satu perusahaan dengan perusahaan lain secara fisik mudah dibedakan, misalnya pengemasan, dan juga cara pembayaran barang yang dibeli.Perbedaan-perbedaan ini menyebabkan barang yang diproduksi dalam pasar persaingan monopolistik bersifat pengganti yang dekat (close substitute) dan bukan bersifat pengganti sempurna seperti dalam pasar persaingan sempurna.
3) Para Pelaku Pasar Mempunyai Sedikit Kekuasaan Memengaruhi Harga
Kekuasaan memengaruhi harga oleh penjual dalam pasar monopolistik bersumber dari sifat barang yang dihasilkan, yaitu berbeda corak atau differensi produk. Perbedaan ini membuat para pembeli memilih, yaitu lebih menyukai barang dari suatu perusahaan tertentu dan kurang menyukai barang yang dihasilkan perusahaan lain. Apabila suatu perusahaan menaikkan harga barang, ia masih dapat menarik pembeli walaupun pembelinya tidak sebanyak seperti sebelum kenaikan harga. Sebaliknya, apabila perusahaan menurunkan harga, tidaklah mudah untuk menjual semua barang yang diproduksi.
4) Persaingan Promosi Penjualan Sangat Aktif
Harga bukanlah penentu utama dari besarnya pasar dari perusahaan-perusahaan dalam pasar persaingan monopolistik. Suatu perusahaan mungkin dapat menjual barangnya dengan harga relatif tinggi, tetapi masih dapat menarik banyak pembeli. Sebaliknya suatu perusahaan lain mungkin harga barang yang ditawarkan rendah tetapi tidak banyak menarik pembeli. Keadaan seperti ini disebabkan oleh sifat barang yang mereka hasilkan, yaitu barang yang bersifat berbeda corak. Ini menimbulkan daya tarik yang berbeda kepada para pembeli. Maka untuk memengaruhi citra rasa pembeli, para produsen melakukan persaingan antara lain dengan memperbaiki mutu dan desain, iklan, memberikan syarat penjualan yang menarik, dan sebagainya.

b. Kelebihan Pasar Persaingan Monopolistik
Berikut ini kelebihan pasar persaingan monopolistik.
1) Menghasilkan Barang Berbeda Corak
Hal ini dapat meningkatkan kesejahteraan konsumen karena mereka dapat memilih corak barang yang sesuai dengan selera dan kemampuannya.
2) Distribusi Pendapatan dalam Masyarakat Lebih Merata
Karena produsen terdiri atas perusahaan-perusahaan kecil yang memperoleh untung normal, maka pemilik modal tidak memiliki kekayaan yang berlebihan dan kesempatan kerja yang diciptakan lebih besar.

c. Kelemahan Pasar Persaingan Monopolistik
Selain kelebihan-kelebihan yang dimilikinya, pasar persaingan monopolistik juga mempunyai beberapa kelemahan seperti berikut ini.
1) Operasinya tidak Seefisien Pasar Persaingan Sempurna
Hal ini dikarenakan harga lebih tinggi, kuantitas produksi lebih rendah, dan tidak tercapai efisiensi baik produktif maupun alokatif.
2) Perusahaan tidak Mempunyai Gerakan untuk Melakukan Inovasi
Modal yang lebih terbatas, pasar yang terbatas, dan kecenderungan untuk memperoleh keuntungan dalam jangka panjang menghalangi produsen (perusahaan) untuk menciptakan inovasi.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: