Latest News

profil Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo seorang sejarawan Indonesia

seorang sejarawan Indonesia, ahli dalam revolusi sejarah, khususnya revolusi petani. Sebagai sejarawan ia merasa wajib menulis agar sejarah bangsa Indonesia tidak harus ditulis oleh para peneliti dan penulis asing, apalagi jika ditulis dalam konsep barat. Gelar sarjana diperolehnya dari Universitas Indonesia tahun 1957, pada tahun 1964, ia berhasil menyelesaikan program masternya di Yale University Amerika. Pada tahun itu juga ia melanjutkan studinya ke Universitas Amsterdam dan menyandang gelar doktor dengan predikat cum laude pada tahun 1968. 

Sartono Kartodirdjo bekerja sebagai pengajar di Jurusan Sejarah Fakultas Sastra UGM sejak tahun 1957 hingga tahun 1973, ia kemudian diangkat sebagai direktur Pusat Penelitian dan Studi Pedesaan dan Kawasan hingga tahun 1981. Jabatan lain yang pernah ia pegang adalah koordinator National UNESCO dan ahli peneliti pada Institute of South East Asian Studies di Singapura. Sartono Kartodirdjo dikenal sebagai sejarawan yang memiliki sikap sendiri. 

Dengan mengambil sudut pandang ilmu pengetahuan, ia kerap memunculkan krit ik sosial yang mendasar. Keberpihakannya ditujukan kepada mereka yang menderita, dan simpatinya selalu ditujukan kepada mereka yang berada di posisi bawah.

0 Response to "profil Prof. Dr. Sartono Kartodirdjo seorang sejarawan Indonesia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...