Latest News

Tahap Pengikhtisaran : Neraca Saldo Setelah Penutupan


Neraca Saldo Setelah Penutupan merupakan neraca saldo yang disusun dari akun buku besar setelah jurnal penyesuaian dan jurnal penutup dibuat. Tujuan pembuatan neraca saldo setelah penutupan adalah untuk memastikan apakah buku besar telah seimbang sebagai dasar untuk memulai pencatatan data akuntansi periode berikutnya. Perlu diingat bahwa neraca saldo setelah penutupan ini hanya terdiri dari akun riil seperti aktiva, kewajibandan ekuitas (modal). Untuk akun-akunsementara (pendapatan, beban, dan prive) telah ditutup dan bersaldo nol, sehingga tidak perlu dicantumkan dalam neraca saldo setelah penutupan.
Neraca saldo setelah penutupan ini dapat disusun dengan mengambil saldo-saldo akun dalam buku besar setelah ayat penyesuaian dan ayat penutup dibukukan, atau dapat juga diambil dari kertas kerja kolom neraca.
Setelah kita membuat jurnal penutupan, langkah berikutnya adalah memindahbu-kukannya ke dalam buku besar bersangkutan. Setelah dicatat di buku besar, maka akun tersebut akan menjadi dua bagian, yaitu:
a.        Akun terbuka atau akun neraca.
b.       Akun tak bersaldo atau akun sementara.

Neraca saldo setelah penutupan dibuat dengan mencantumkan saldo-saldo akun terbuka (akun neraca). Jadi neraca sisa setelah penutupan sama dengan angka-angka yang terdapat pada akun terbuka dan merupakan saldo awal tiap akun pada periode berikutnya.

0 Response to "Tahap Pengikhtisaran : Neraca Saldo Setelah Penutupan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...