Latest News

Tujuan Laporan Keuangan


Tujuan laporan keuangan seperti yang tercantum dalam Standar Akuntansi Keuan­gan (SAK) antara lain sebagai berikut.
a.   Menyediakan Informasi Posisi Keuangan Perusahaan
Informasi posisi keuangan perusahaan ini terutama disediakan dalam neraca. Infor­masi posisi keuangan di masa lalu sangat berguna untuk meramal kemampuan perusahaan dalam menghasilkan aktiva lancar (misalnya, kas atau yang setara kas) meramalkan besar kecilnya pinjaman di masa depan dan bagaimana menghasilkan laba bersih serta arus kas di masa depan dengan mendistribusikan kepada mereka yang memiliki hak dalam perusahaan.
Posisi keuangan perusahaan dipengaruhi oleh sumber daya yang dikendalikan struktur keuangan, misalnya:
1)    kemampuan perusahaan memenuhi utang jangka pendek (likuiditas),
2)              kemampuan perusahaan memenuhi urang jangka panjang (solvabilitas),
3)                              kemampuan beradaptasi terhadap perubahan lingkungan
Informasi likuiditas merupakan ketersediaan kas jangka pendek di masa depan setelah memperhitungkan komitmen yang ada. Informasi solvabilitas merupakanket-ersediaan kas jangka panjang untuk memenuhi komitmen pada saat jatuh tempo.
b.   Menyediakan Informasi Kinerja Perusahaan
Informasi kinerja perusahaan bermanfaat untuk memprediksikan kepastian peru­sahaan dalammenghasilkan arus kas dari sumber daya yang ada. Selainitu, bermanfaat juga untuk merumuskan pertimbangan tentang efektivitas perusahaan dalam memanfaat-kan tambahan sumber daya. Informasi kinerja perusahaan terutama disediakan dalam laporan laba rugi.
c.   Menyediakan Informasi Perubahan Keuangan Perusahaan
Informasi perubahan posisi keuangan perusahaan di antaranya dapat dilihat pada laporan aliran kas. Laporan ini menyajikan aliran kas masuk dan aliran kas keluar (cash ow) pada suatu periode. Informasi perubahan posisi keuangan berguna untuk menilai aktivitas investasi, pendanaan, dan operasi selama suatu periode.

0 Response to "Tujuan Laporan Keuangan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...