1. Membaca Teks
Membaca adalah salah satu
kegiatan yang menumbuhkan rasa keingintahuan terhadap sesuatu yang dibaca.
Sebagai siswa, tentunya Anda sering dihadapkan kepada kegiatan membaca. Dengan
membaca, maka informasi Anda akan bertambah dan wawasan pengetahuan semakin
bertambah.
2. Menemukan Ide Pokok
dengan Membaca Cepat
Pembelajaran kali ini adalah
membaca cepat dengan kecepatan 300 – 350 kata per menit. Dengan kecepatan
tersebut, Anda harus dapat menemukan ide pokok yang terdapat dalam bacaan.
Untuk mengetahui tingkat pemahamanmu terhadap bacaan, Anda dapat menjawab
pertanyaan dan menjawab minimal 75 persen pertanyaan.
Melatih kebiasaan membaca
sesungguhnya harus dilatih secara terusmenerus, salah satunya dengan memberikan
bacaan yang menarik dan memperhatikan hal-hal, seperti:
a. membaca dengan tidak
bersuara (vokalisasi)
b. tidak membaca dengan
mengeja kata-kata meskipun tidak bersuara (subvokalisasi)
c. lebih berkonsentrasi
d. tidak mengulangi kata
atau kalimat yang telah dibaca
e. tidak perlu menggerakkan
anggota badan terutama kepala
Kecepatan membaca (km)
merupakan kecepatan mata menangkap lambang-lambang bahasa yang berupa kata.
Oleh karena itu, kecepatan membaca hanya memperhitungkan jumlah kata yang
dibaca dan waktu yang dibutuhkan. Sedangkan satuan untuk kecepatan membaca
adalah kpm (kata per menit). Perhatikanlah cara menghitung kecepatan
membaca!
Jumlah kata yang dibaca
×60=....kpm
Waktu baca (dalam satuan
detik)
Perhatikanlah penerapan
rumus tersebut ke dalam contoh!
Doni membaca teks yang
berjumlah 5000 kata dalam waktu 10 menit (600/ detik).
Kecepatan membaca Doni
adalah ................... .
5000×60= 500 kpm
600
Kecepatan membaca secara
efektif atau kecepatan efektif membaca sering disebut Kecepatan Efektif (KE).
Merupakan perpaduan antara kecepatan visual (mata) dan interpretasi otak
(pemahaman). Rumus untuk menghitung keceptan efektif membaca adalah:
Jumlah kata yang dibaca ×60
skor yang diperoleh =... . kpm
Waktu baca (dalam detik)
skor ideal
Perhatikanlah penerapan
rumus tersebut pada soal!
Wati membaca teks yang
berjumlah 1500 kata dalam tempo 5 menit (300 detik) Ia dapat menjawab soal-soal
yang disediakan sebanyak 15 soal dari jumlah soal 20 butir. Maka kecepatan
efektif membaca (KEM) Wati adalah ........... .
1500×60 15 =450 kpm
300 10
3. Menemukan Ide (Gagasan)
Pokok dalam Teks
Gagasan atau ide pokok
sebuah bacaan dapat diletakkan di mana saja oleh penulis. Gagasan pokok
merupakan pokok pikiran dalam paragraf yang dituangkan ke dalam kalimat utama.
Dalam sebuah bacaan, biasanya penulis meletakkan kalimat utama di awal
bacaan/paragraf, di akhir, di awal dan di akhir paragraf.
Agar dapat menemukan
ide/gagasan pokok sebuah paragraf, Anda perlu memperhatikan hal-hal berikut:
a. Membaca kalimat awal pada
sebuah paragraf harus cermat dan teliti, barangkali ide pokok terletak di awal
paragraf. Kalimat-kalimat lain yang tidak penting tidak perlu dibaca semua.
b. Bila ide pokok sudah
ditemukan di awal paragraf maka kalimat tersebut Anda garis bawahi.
c. Bila Anda belum menemukan
ide pokok di awal paragraf, lanjutkan pembacaan Anda sambil mencari kata
kuncinya. Barangkali ide pokok terletak di akhir paragraf. Kata kunci dapat
berupa kata adalah, yaitu, ialah. Dengan menemukan kata-kata kunci tersebut,
secara otomatis Anda dapat menemukan kalimat utama.
Misalkan:
..........................................................................................
Cakra adalah titik-titik pusat energi
yang ada di sepanjang tubuh. Jika tiap cakra telah jernih, energi dalam tubuh
kita lancar. (Paras, 2005: 42)
d. Bila di awal paragraf, Anda telah
menemukan ide pokoknya, jangan berhenti sampai di situ, walaupun Anda tidak
perlu membaca kalimat selanjutnya. Perhatikanlah kalimat terakhir, apakah
penulis memberi penegasan kembali terhadap apa yang ditulis sebelumnya. Kalau
ya, berarti paragraf tersebut memiliki dua ide pokok, yaitu di awal dan di
akhir paragraf.
0 Response to "Membaca cepat sebuah teks serta Menemukan Ide Pokok & gagasan dengan Membaca Cepat"