Latest News

Unsur-unsur Surat Lamaran Pekerjaan


Surat lamaran pekerjaan merupakan jenis surat permohonan yang isinya menyatakan hendak melamar pekerjaan atau memeroleh suatu jabatan tertentu. Surat itu dibutuhkan jika Anda hendak melamar pekerjaan pada sebuah instansi atau perusahaan.

Lowongan pekerjaan biasanya dapat diperoleh melalui iklan pada surat kabar atau dengan inisiatif sendiri, tidak menutup kemungkinan informasi diperoleh sesaat dari seorang teman. Surat lamaran pekerjaan ini tergolong ke dalam bahasa dan bentuk surat resmi.

Sebelum menyusun surat lamaran, Anda harus mengenali unsur-unsur dalam surat tersebut. Perhatikanlah unsur-unsur berikut ini!
a. Tempat dan tanggal pembuatan surat, hal tersebut dibuat sesuai dengan saat menulis surat;
b. Lampiran, diletakkan terpisah dengan surat lamaran pekerjaan yang dapat berupa fotokopi ijazah terakhir, Surat Keterangan Berkelakuan Baik, dan lain-lain;
c. Hal, merupakan perihal melamar pekerjaan;
d. Alamat yang dituju, alamat tempat Anda ingin melamar pekerjaan;
e. Salam pembuka, bentuknya bermacam-macam, seperti dengan hormat, Assalamu’alaikum wr. wb. Dalam surat lamaran pekerjaan dapat ditulis dengan hormat;
f. Isi, terdiri dari:
1) alasan melamar, merupakan latar belakang penulis melamar pekerjaan;
2) identitas pelamar (data pribadi, pendidikan, riwayat pengalaman);
3) penutup;
g. Salam penutup, merupakan salam terakhir penulis surat lamaran pekerjaan terhadap instansi/perusahaan yang dapat berupa Wassalamu’alaikum wr.
wb.
h. Tanda tangan pelamar.
i. Nama terang pelamar.

0 Response to "Unsur-unsur Surat Lamaran Pekerjaan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...