February 18, 2013

Menentukan Tema dan Amanat Puisi


Mencermati pembacaan sebuah puisi tidak lepas dari usaha kita melakukan sebuah analisis terhadapnya, termasuk pada puisi terjemahan. Konvensi yang terdapat di dalamnya atau strata norma membentuk makna dari puisi secara keseluruhan. Strata norma puisi adalah norma implisit yang harus ditarik dari setiap pengalaman individu karya sastra dan bersama-sama merupakan karya sastra yang murni sebagai keseluruhan.
Berikut ini disajikan langkah-langkah memahami pembacaan puisi. Coba anda cermati!
a. Tentukanlah isi puisi
b. Tentukanlah tema
c. Pahami dan tentukanlah sikap penyair lewat karyanya
d. Jelaskanlah amanat atau pesan.

a. Menentukan Amanat
Sebuah puisi biasanya memiliki bentuk bahasa yang mempunyai makna ganda. Oleh karena itu perlu adanya usaha menciptakan makna secara gramatikal dalam sebuah puisi. Hal tersebut bisa dilakukan dengan cara menentukan bentuk parafrase dari puisi tersebut. Dengan adanya bentuk parafrase tersebut maka dapat diketahui makna struktur puisi tersebut secara menyeluruh.

b. Menentukan tema
Tema merupakan gagasan dasar yang menopang sebuah cerita,
Perhatikanlah uraian berikut!
Tema disaring dari konvensi bahasa yang terdapat dalam puisi yang bersangkutan sehingga menentukan hadirnya makna dan situasi tertentu yang bersifat menyeluruh. Pada umumnya, ekspresivitas menimbulkan ‘kegelisahan tafsir’ yang harus diisi oleh pembaca yang merupakan open plek, tempat terbuka yang harus diisi oleh pembaca sendiri. Rangkaian mutiara memberi gambaran kejadian-kejadian yang sangat indah, peristiwa-peristiwa yang sangat menarik, hal-hal yang berharga, yang tak ternilai, dan semacamnya. Jumlah tempat terbuka dalam teks semakin besar semakin menimbulkan efek fungsional, dan nilai seni teks tersebut juga semakin besar.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: