Latest News

Tips membuat diskusi semakin menarik


Diskusi merupakan forum tukar pendapat atau pemikiran untuk memecahkan masalah yang sedang dibicarakan. Seorang peserta diskusi yang baik selalu berpartisipasi aktif dalam forum diskusi. Hal ini dapat dilakukan bila menyimak setiap pembicaraan yang berlangsung. Sebuah diskusi terdiri dari moderator yang bertugas memimpin jalannya diskusi, penyaji yang menyajikan masalah yang akan dibahas, notulis adalah orang yang menulis, mencatat setiap pembicaraan, serta peserta diskusi.

1. Menilai Isi Pembicaraan
Seperti yang telah dipaparkan di atas, untuk memecahkan sebuah persoalan dapat dilakukan dengan berdiskusi. Diskusi itu merupakan kegiatan komunikasi langsung dalam suatu kelompok yang diatur oleh seorang moderator. Unsur-unsur yang terdapat dalam diskusi selain persoalan yang akan dibahas serta moderator terdapat pula penyaji, notulen, dan peserta.
Notulen/penulis bertugas mencatat siapa yang berbicara dan apa yang dibicarakan. Penulis harus benar-benar menyimak dan mendengarkan pembicaraan. Catatan yang dimaksud adalah catatan yang berisi nama pembicara halhal pokok yang dikemukakan. Catatan tersebut tidak berupa kalimat lengkap, melainkan hanya pokok-pokoknya saja.

2. Mengajukan Pertanyaan dan Menanggapi Pembicaraan
Setelah Anda menangkap inti pembicaraan dalam diskusi tersebut, Anda dapat mengajukan pertanyaan dan menanggapi pembicaraan. Tanggapan tersebut harus sesuai dengan pokok persoalan yang sedang dibahas. Selain itu, tanggapan dan pertanyaan tersebut juga harus terfokus ke arah pemecahan masalah sehingga pembicaraan menjadi jelas.

3. Mengemukakan Persetujuan/Penolakan terhadap Pendapat dalam Diskusi dan Argumentasi
Diskusi merupakan salah satu media yang baik untuk memecahkan persoalan dan sekaligus menemukan solusi yang tepat. Masukan dari peserta terhadap pemecahan masalah dapat dikemukakan melalui moderator. Dalam mengemukakan tanggapan yang berupa persetujuan/penolakan hendaknya disampaikan dengan nada datar, tidak emosional bahkan tidak perlu menyinggung perasaan orang lain karena silang pendapat.
Kemukakan pendapat Anda setelah mendapat lampu hijau dari moderator dengan cara mengacungkan jari. Pendapat berupa persetujuan/penolakan harus disertai argumentasi, baik berupa data, fakta yang ada maupun alasan-alasan yang tepat. Kemukakan pendapat Anda berupa persetujuan/penolakan dengan ungkapan:
a. Saya setuju dengan pendapat Sdr. Roni..... di samping itu.....
b. Sebaiknya seperti yang dikatakan oleh Sdr. Dini..... lagi pula.....
c. Dan seterusnya.

4. Menilai dan Mengkritik Isi Pembicaraan
Sebagai peserta/pendengar yang aktif, selama proses diskusi berlangsung Anda dapat mencermati pembicaraan yang terjadi, baik moderator, penulis maupun peserta, apakah pembicaraan itu bermutu atau tidak, baik atau buruk. Penilaian dapat dilakukan secara langsung/tidak langsung. Bila tidak langsung, tulislah dalam secarik kertas dan berikanlah kepada moderator sebagai bahan masukan.
Penilaian yang Anda berikan harus bersifat objektif. Tujuannya agar pelaku dalam diskusi dapat memperbaiki diskusi tersebut.

0 Response to "Tips membuat diskusi semakin menarik"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...