Latest News

Menulis Prosa & unsur-unsur cerpen


Bila yang ingin Anda publikasikan sebuah cerpen, bagaimana cara menulisnya? Cerpen merupakan salah satu teks naratif prosa. Dikatakan demikian karena cerpen termasuk cerita fiksi atau cerita yang tidak berdasarkan kenyataan. Sesuai dengan sebutannya, cerpen memang sebuah cerita yang pendek. Alur cerita tidak bertele-tele. Cara pengutaraan cerita padat dan pas, sehingga masalah yang timbul dapat selesai atau dianggap selesai. Hakikat cerpen adalah cerita pendek yang bila dibaca sekali habis. Sebelum Anda menulis cerpen, pahami terlebih dahulu unsur-unsur dalam cerpen. Unsurunsur tersebut adalah:
a. tema,
b. tokoh atau karakter,
c. alur atau plot,
d. latar atau setting,
e. gaya atau style.

a. Tema
Anda dapat memilih tema apa saja, misalnya perang, kematian, cinta, kebencian, dan lain-lain. Dari tema tersebut dapat diambil topik, misalnya cinta yang putus di tengah jalan, patah hati, dan lain-lain. Jadi, tema dalam cerita ini adalah cinta.
b. Tokoh
Aktor atau pelaku dalam cerita disebut tokoh, baik protagonis maupun antagonis. Penuturan cerita yang disajikan melalui dialog dapat menghidupkan kepribadian dan kejiwaan tokoh. Sejauh mana tokoh itu digambarkan bergantung kepada kepandaian pengarang dalam menampilkannya melalui tulisan.
c. Alur
Alur atau plot merupakan jalan cerita dari A sampai Z. Dapat dikatakan pula sebagai rangkaian peristiwa yang menimbulkan sebab akibat sehingga tercipta sebuah cerita. Biasanya alur cerita menjadi menarik ketika pada suatu tahap yang mendekati klimaks.
d. Latar
Merupakan ruang dan waktu serta suasana lingkungan tempat cerita itu bergerak menyatu dengan tokoh, alur, maupun temanya. Jadi, latar merupakan latar belakang suatu cerita di mana dan kapan serta dalam keadaan bagaimana cerita itu terjadi. Latar yang bagus akan menghidupkan cerita secara keseluruhan.
e . Gaya
Merupakan suatu cara atau teknik pengarang dalam menuturkan cerita.
Ini berkaitan dengan bahasa dan kepribadian pengarang itu sendiri. Misalnya seorang pengarang yang memiliki rasa humor yang tinggi, gaya tulisannya akan berkesan humor, lucu sehingga membuat pembaca tertawa, senang atau kagum. Gaya sebenarnya merupakan ciri khas seseorang dan berakar dari kepribadiannya sendiri. Perlu diingat, gaya yang membosankan pada umumnya adalah gaya yang menggurui.

Perhatikanlah uraian berikut!
Cerpen yang baik adalah cerita pendek yang sederhana dalam penyajian tetapi padat dengan makna, kuat dalam tema, bagus dalam pemilihan tokoh, mengandung pesan berharga, enak dibaca, meninggalkan kesan yang dalam. Ada beberapa hal yang perlu diingat dalam menulis cerpen. Cermatilah!
a. pahamilah tema dan unsur-unsur lain,
b. ketahuilah teknik menulis,
c. pahamilah bahasa dengan baik,
d. konsisten,
e. logis/masuk akal,
f. tidak bertele-tele,
g. hemat kata/efektif,
h. teliti dan cermat memperhatikan lingkungan,
i. perkayalah imajinasi, pertajam persepsi,
j. tangguh/tidak cepat putus asa,
k. berani mengutarakan pendapat, perasaan, gagasan.

0 Response to "Menulis Prosa & unsur-unsur cerpen"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...