Latest News

Menemukan Kalimat yang Berupa Alasan & Rincian


Alasan merupakan dalih yang digunakan untuk melakukan pembenaran. Biasanya kita dapat menggunakan kata tanya mengapa. Rincian adalah bagianbagian atau anggota dari keseluruhan atau kelompok. Misalnya, dalam biologi kita mengenal dengan adanya sistem klasifikasi. Kita dapat membuat rincian anggota suatu kelompok berdasarkan sudut pandang tertentu secara tepat sampai pada spesiesnya. Sementara contoh adalah sesuatu yang digunakan untuk memperjelas suatu penjelasan atau konsep agar mudah dipahami.

Berikut ini disajikan contoh yang mengungkapkan rincian.
Musim kemarau tahun ini merupakan bencana bagi daerah kami. Sungai yang mengalir di tengah desa kering kerontang. Sumur banyak yang tidak berair lagi. Tampak berdesak orang menunggu giliran menimba air di sumur Pak Lurah, satu-satunya yang tidak kering. Sawah dan ladang hangus oleh terik matahari. Tanah pecah berbongkah-bongkah. Tanaman tidak ada yang kelihatan menghijau. Rumput pun kecoklat-coklatan terhampar mati. Dua ekor domba pun bermata sayu mungkin merasakan kering yang berkepanjangan. Beberapa hewan piaraan terpaksa diungsikan ke daerah yang sungainya masih mengalir.

Berdasarkan paragraf tersebut, dapat diungkapkan bahwa paragraph rincian memiliki sifat informatif (memberikan penjelasan), pembaca ikut menikmati paragraf tersebut dengan tidak mempertimbangkan susunan peristiwa. Perhatikan kembali paragraf yang digarisbawahi.
(Sumber: Soedjito dan Mansyur Hasan, 1994)

Berikut ini disajikan paragraf yang mengungkapkan contoh!
Kohesi dan adesi memegang peranan penting dalam menentukan permukaan zat cair. Misalnya: Sekeping kaca yang bersih permukaannya diletakkan mendatar. Jika setetes air diletakkan di atas permukaan kaca itu, melebarlah air itu. Ini terjadi karena adesi air dengan kaca lebih besar daripada kohesi air. Sebaliknya, jika setetes air raksa diletakkan di atas permukaan kaca itu, tetesan air raksa itu akan membentuk sebuah bola. Hal itu karena kohesi air raksa lebih besar daripada adesi air raksa dan kaca. Berdasarkan paragraf tersebut, dapat diungkapkan bahwa paragraph contoh bersifat informatif, mudah dipahami karena ada contohnya disertai percobaan atau uji coba. Amati pula penggunaan kata: misalnya, contoh, dan sebagainya.

Berikut ini disajikan paragraf yang mengungkapkan alasan!
Pestisida merupakan satu produk yang di sisi lain menguntungkan dan di lain pihak sangat merugikan kehidupan makhluk hidup. Dampak negative yang ditimbulkan akibat penggunaan pestisida adalah terjadinya resistensi hama sasaran terhadap insektisida, terbunuhnya musuh alami dan serangga berguna lain, merajalelanya hama sekunder, kematian atau kerusakan tanaman, keracunan pada manusia (baik langsung/tidak langsung) dan keracunan pada hewan dan residu pada tanaman.

Dari paragraf di atas, dapat diungkapkan kata kunci yang berupa: sebabakibat, alasannya, akibatnya, dan sebagainya. Selain itu diungkapkan pula bahwa paragraf tersebut bersifat argumentatif dan sebab-akibat, mudah dipahami karena terdapat kata-kata kunci seperti disebutkan di atas dan ulasannya disertai data/bukti yang mendukung.

0 Response to "Menemukan Kalimat yang Berupa Alasan & Rincian"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...