Latest News

Menyusun Karya tulis Ilmiah


Menulis karya tulis ilmiah atau biasa disingkat karya ilmiah, pada dasarnya sama dengan kegiatan menulis biasa, yaitu mengemukakan ide, pikiran, atau gagasan dengan bahasa tulis. Akan tetapi, karya ilmiah memiliki persyaratan tertentu yang harus dipenuhi. Persyaratan itu adalah sebagai berikut.

1. Dari sisi isi, karya ilmiah harus memiliki fokus masalah yang jelas. Oleh karena itu, sebelum dirumuskan secara tegas, pada bagian awal tulisan harus ada penjelasan tentang latar belakang dan pembatasan masalah. Di samping itu, dibahas pula manfaat, tujuan, dan sistematika penyusunan makalah. Untuk karya ilmiah yang berbentuk penelitian, dicantumkan pula anggapan dasar dan hipotesis.

2. Dalam mengkaji masalah, suatu karya ilmiah harus didasari landasan teoretis keilmuan yang mantap dan jelas. Teori yang digunakan harus jelas dan sesuai dengan masalah yang dikaji. Tata cara mengutip atau merujuk pendapat telah diatur sedemikian rupa sehingga menghindari peluang penjiplakan dan mempermudah pengujian kebenaran kutipan.

3. Dalam menjawab masalah, karya ilmiah selalu menekankan pentingnya penggunaan metode yang tepat dan bukti atau data empiris. Data atau bukti empiris inilah yang kemudian dikaji dan dianalisis dengan menggunakan landasan teori. Hasil kajian terhadap data empiris dijadikan acuan dalam menjawab rumusan masalah.

4. Dari sisi penyajian, karya ilmiah disajikan secara sistematis, runtut, dan logis.

5. Dari sisi penggunaan bahasa, karya ilmiah menggunakan ragam bahasa baku, baik dalam struktur maupun diksi.

0 Response to "Menyusun Karya tulis Ilmiah"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...