Latest News

Mengajukan Pertanyaan atau Tanggapan dalam diskusi / talk show


Kalian pasti sering melihat acara di televisi bagaimana seorang pembawa acara memandu diskusi dengan beberapa narasumber tentang suatu hal. Diskusi tersebut dirancang agar menarik sehingga orang kemudian menyebutnya acara talk show. Meskipun demikian, kesopansantunan dalam menyampaikan pendapat, komentar, maupun bertanya tetap dijaga. Demikian pula bahasa yang digunakan harus efektif dan komunikatif.

Marilah kita lakukan simulasi diskusi seolah-olah dalam suatu studio televisi. Pilihlah salah seorang di antara kalian sebagai pembawa acara dan beberapa orang sebagai narasumber. Topik diskusi membahas penggunaan bahasa dalam komunikasi sehari-hari. Gunakan mikrofon sehingga seolah-olah memang suatu acara wawancara nyata. Narasumber memakai kostum pejabat, seperti memakai dasi atau jas. Lakukan di depan kelas, nikmatilah sebagai suatu permainan atau pertunjukan drama.

Tahap-tahap yang dilakukan oleh pembawa acara antara lain sebagai berikut.
1. Membuka dengan salam dan memberikan pengantar, misalnya
”Selamat siang pemirsa kita bertemu lagi lagi dalam acara ..., Saya ... (sebutkan nama). Siang ini telah bersama di studio dengan ... (sebutkan nama narasumber satu-satu, diikuti dengan sapaan), bersama mereka kita akan membahas kebudayaan daerah di zaman modern ini. Kita mulai saja dengan Bapak ....”
2. Memulai dengan pertanyaan pertama, misalnya, ”Bapak ..., jika kita membicarakan keadaan kebudayaan daerah sekarang ini, bagaimana sebenarnya menurut Bapak?”
3. Mengkonfrontasikan pendapat narasumber satu dengan yang lain, misalnya,”Tadi Bapak ... mengatakan bahwa ..., kalau menurut Bapak sendiri, bagaimana?”
4. Membuka forum tanya jawab dengan mempersilakan peserta yang hadir untuk bertanya, memberikan komentar ataupun kritikan.
5. Menyimpulkan hasil diskusi, misalnya, ”Pemirsa, dari hasil obrolan tadi dapat disimpulkan bahwa ...”.
6. Mengakhiri dengan penutup, misalnya, ”Pemirsa, satu jam sudah kita membahas .... Meskipun masih banyak yang menarik untuk dibicarakan, tetapi waktulah yang membatasi kesempatan kita. Selamat siang pemirsa, sampai jumpa pada acara yang sama dengan topik berbeda minggu depan.”

Selayaknya acara talk show, kemampuan pembawa acara atau pewawancara dalam mengolah kata sangat menentukan menarik tidaknya suatu acara. Kata kunci untuk membuat suatu acara menarik adalah kreatif. Lakukanlah diskusi secara kreatif.

0 Response to "Mengajukan Pertanyaan atau Tanggapan dalam diskusi / talk show"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...