Latest News

Membaca Ekstensif Teks


Membaca ekstensif adalah membaca yang dilakukan untuk memperoleh gambaran umum. Berbeda dengan membaca intensif yang dilakukan dengan sangat teliti dan lebih cenderung berdasarkan apa yang tertulis dalam teks, membaca ekstensif cenderung dilakukan dengan cepat dan memanfaatkan pengalaman (skema pembaca). Untuk memperoleh gambaran umum sebuah buku, artikel, atau wacana lain, yang perlu kita lakukan sebagai berikut.

Pertama, membaca judul. Untuk wacana nonfiksi, judul idealnya dirumuskan sesuai dengan isi wacana. Oleh karena itu, harus benar-benar kita manfaatkan. Dengan memanfaatkan apa yang tertulis dalam judul, cobalah mengingat-ingat pengetahuan atau pengalaman yang berkaitan dengan itu. Langkah ini dilakukan untuk membuka skema (abstraksi pengetahuan kita tentang hal yang berkaitan dengan topik itu) dan memanfaatkannya untuk menduga isi wacana.

Langkah kedua adalah membaca dengan cepat isi wacana dan terus berupaya mengaitkannya dengan skema yang telah dimiliki. Beberapa ahli menyarankan untuk membaca tiap kalimat awal paragraf. Dasar pemikirannya pada umumnya penulis lebih senang menempatkan gagasan-gagasan utama pada awal paragraf. Cara lain adalah dengan mengenali kata-kata kunci yang berkaitan dengan topic sebagaimana yang diungkapkan pada judul. Jika dugaan kita tepat, waktu membaca yang kita butuhkan akan relatif cepat. Jika ternyata isi buku atau wacana tersebut berbeda dengan yang kita duga, waktu yang dibutuhkan untuk memahami buku tersebut akan cukup lama.

0 Response to "Membaca Ekstensif Teks"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...