April 1, 2012

Mengenal Tari Kelompok


Mengenal Tari Kelompok
Pada tari yang disajikan dalam bentuk kelompok, yang akan Anda lihat atau kemudian tanyakan adalah bagaimana bentuk gerak tari kelompok tersebut. Setelah melakukan apresiasi, Anda akan menemukan pertanyaan penyajian seni tari yang melibatkan penari dalam jumlah banyak. Pendekatannya adalah tarian yang ditarikan oleh lebih dari dua orang penari. Ada hal yang perlu dibedakan dari tari kelompok dengan tari tunggal atau tari berpasangan, yaitu bagaimana pola gerak ditarikan ke dalam bentuk sajian dengan menggunakan unsur esetis seni.

Pengertian tari kelompok
Tari kelompok adalah tari yang disajikan dengan cara mengomposisikan gerak dan ritme, secara terstruktur sebagai wujud ekspresi, yang ditarikan oleh lebih dari dua penari. Ada unsur gerak dan cara mengomposisikannya, baik dengan iringan, desain pola lantai, desain tinggi rendahnya kedudukan penari, maupun level, yang tujuannya untuk membuat seluruh sajian tari menarik.
Dinamika kelompok dapat memberi kesan lebih ekspresif dan dapat menggugah batin penonton akan konsepsi sebuah pertunjukan tari kelompok tradisional. Contohnya, tari kelompok Tari Pakarena (Sulawesi), Tari Sriwijaya (Palembang), Tari Pendet (Bali), Tari Zapin Melayu, Tari Topeng Blantek (Betawi), Tari Kuntu Tuflan (Bali), Tari Lenso (Maluku), Tari Sulintang (Sunda), dan banyak lagi lainnya.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: