Latest News

Menanggapi dan mengkritisi Informasi / berita


Menanggapi dan mengkritisi Informasi / berita
Anda bisa memeroleh beragam informasi dari bermacam-macam media, baik elektronik maupun cetak. Apabila Anda mendengar berita melalui siaran televisi atau radio, ataupun membaca sebuah berita/artikel dalam surat kabar, cobalah cermati isi berita itu. Anda mungkin saja ingin mengkritisi informasi tersebut. Apabila kita terdorong untuk mengkritisi informasi dari media cetak dan elektonik, sebaiknyalah kita melakukannya dengan cara dan bahasa yang baik serta santun. Jangan sampai ada yang tersinggung atau salah paham hanya karena gaya kita menyampaikan kritik kurang simpatik. Selain itu, kita juga harus mempunyai bukti atau fakta pendukung dan alasan yang logis sehingga kritikan kita itu menjadi suatu pendorong untuk memperluas wawasan (kritik membangun).

Anda (pemberi informasi) bisa saja tidak setuju dengan opini itu, tetapi ketidaksetujuan Anda itu harus didukung oleh fakta yang kebenarannya dapat dibuktikan.
Contoh
Indy Barends mendapatkan penghargaan Panasonic Award setelah ia meniti kariernya selama lima tahun. (fakta)
Kecepatan Indy Barend beradaptasi dengan atmosfer dunia entertainment juga tidak terlepas dari dukungan teman-temannya. (opini)

0 Response to "Menanggapi dan mengkritisi Informasi / berita"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...