Latest News

Membaca Memindai Buku Berindeks


Membaca Memindai Buku Berindeks
Membaca memindai adalah membaca selayang pandang untuk menemukan informasi yang Anda cari. Membaca memindai dilakukan ketika membaca buku berindeks, seperti kamus, buku telepon, atau eksiklopedi. Buku tersebut disusun secara alfabetis berdasarkan urutan abjad dan di dalamnya selalu terdapat indeks atau petunjuk agar pembaca dengan mudah menemukan informasi yang dicarinya.

Sebagai gambaran, apabila Anda membuka salah satu halaman kamus, Anda akan menemukan kata yang terletak pada sudut kiri atau kanan atas. Kata yang terletak pada sudut kiri atas merupakan kata pertama yang diuraikan pada halaman tersebut. Kata yang terletak pada sudut kanan atas merupakan kata terakhir yang diuraikan pada halaman tersebut. Hal tersebut juga berlaku dalam mencari informasi pada buku telepon dan buku lain yang berindeks.

Buku yang baik dan memenuhi standar adalah buku yang menyertakan indeks di dalamnya. Indeks dalam sebuah buku berisi kosakata-kosakata penting atau kata-kata kunci beserta lokasi/halaman di mana kosakata tersebut berada dalam buku. Indeks biasanya ditempatkan di bagian akhir buku sebelum daftar pustaka. Indeks berguna untuk menelusuri informasi spesifik dalam sebuah buku, misalnya informasi mengenai sebuah teori berikut pencetusnya.

Sebagai latihan, Anda perlu membaca buku/teks berindeks dengan cara membaca memindai. Berikut dijelaskan tentang cara menggunakan indeks dalam mencari suatu informasi.
Perhatikan daftar indeks di bawah ini!
Abiogenesis, 2
Basidium, 130
Cambium, 46
Difusi, 10
Fototropi, 125
Isolasi, 333

Bagaimana cara membaca dan memahami penggunaan daftar indeks tersebut?
Kata Abiogenesis, terdapat pada halaman 2. Pada halaman tercantum: “Teori Abiogenesis = Generatio Spontanea. Teori ini dikemukakan oleh Aristoteles, (bangsa Yunani). Isi teori: Makhluk hidup berasal dari benda mati yang terbentuk secata spontan.”
Kata Basidium ditemukan pada halaman 130. Di sana tertulis “Basidomycetes bereproduksi dengan komidia dan sporadium yang dibuat oleh Basidium”.
Kata Cambium ada pada halaman 46. Pada halaman tersebut tertulis: “Bila antara xylem dan phloem terdapat jaringan meristematis yang disebut cambium, maka ikatan pembuluh tersebut disebut ikatan pembuluh terbuka”.
Pada halaman 10 ada istilah difusi. Istilah ini terdapat pada kalimat: “Difusi adalah perpindahan partikel zat padat atau gas dari hyper ke hypo”.

0 Response to "Membaca Memindai Buku Berindeks"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...