April 3, 2012

Memperkenalkan Diri Sendiri & Orang Lain dalam Forum Resmi


Memperkenalkan Diri Sendiri & Orang Lain dalam Forum Resmi
Ketika berbicara dalam forum resmi, seyogianya kita menggunakan bahasa yang komunikatif dengan memerhatikan intonasi sehingga tidak monoton. Pembicara yang monoton atau kurang variatif akan membuat pendengar cepat bosan. Reaksi pendengar terhadap pembicara yang membosankan biasanya mengantuk, bergerak atau melihat ke sana kemari, bahkan ngobrol bisik-bisik, sementara si pembicara terus berbicara.
Dalam forum resmi seseorang akan memperkenalkan diri kepada banyak orang yang turut berpartisipasi dalam forum tersebut. Pada kesempatan seperti ini setiap orang perlu memerhatikan tata cara memperkenalkan diri kepada orang lain atau memperkenalkan orang lain kepada pihak tertentu.
Hal-hal yang perlu dicermati pada saat memperkenalkan diri antara lain adalah:
1. tidak merendahkan diri secara berlebihan,
2. menggunakan bahasa yang sopan dan resmi,
3. nada bicara atau suara tidak tinggi/keras, dan
4. memperkenalkan diri sendiri atau orang lain dengan menjelaskan identitas seperti nama lengkap, pekerjaan, pengalaman organisasi, dan lain sebagainya.
Menyebut gelar akademik atau jabatan adakalanya tidak perlu karena mungkin ada kesan sombong/angkuh. Dengan sikap seperti itu, orang lain malah penasaran ingin tahu.

Contoh memperkenalkan diri sendiri dan orang lain.
Selamat siang. Dalam diskusi siang ini, kelompok kami akan mengetengahkan topik kiat-kiat menjaga lingkungan tetap sehat. Saya, Aya, bertindak sebagai moderator. Di sebelah saya, Diki, Rendra, dan Siska akan menjadi narasumber dalam diskusi ini. Kepada Diki, Rendra, dan Siska, saya persilakan untuk menjabarkan topik diskusi kita kali ini.

Apa Komentar anda tentang materi di Atas...

Artikel yang berkaitan :

Comments
0 Comments

0 comments: