Latest News

Membaca Cepat & Meringkas Isi Teks


Membaca Cepat
Pernahkah Anda mendengar istilah membaca cepat? Membaca cepat artinya membaca dengan mengutamakan kecepatan tanpa mengabaikan pemahamannya. Biasanya, kecepatan itu dikaitkan dengan tujuan membaca, keperluan (aspek bacaan yang digali), dan berat ringannya bahan bacaan. Artinya, seorang pembaca cepat yang baik tidak menerapkan kecepatan membacanya secara konstan dalam berbagai keadaan membaca. Untuk menjadi pembaca yang mahir diperlukan keuletan dan latihan yang berulang-ulang serta terus-menerus sehingga dapat mencapai hasil yang optimal.
Seorang pembaca cepat hendaklah melakukan lompatan-lompatan dalam membaca. Maksudnya, melompati bagian-bagian bacaan tertentu yang tidak penting sehingga panjang bacaan menjadi berkurang hingga 30-40 %. Bagianbagian yang boleh dilompati antara lain adalah bagian yang tidak informatif atau yang dianggap tidak perlu mendapat respons, termasuk bagian yang sudah diketahui dan bagian kalimat yang tidak berpengaruh jika dihilangkan.

Meringkas Isi Teks
Meringkas isi teks adalah menyingkat suatu tulisan yang panjang lebar dengan memerhatikan urutan isi teks. Langkah-langkah meringkas isi teks adalah sebagai berikut.
a. membaca naskah asli.
b. mencatat gagasan utama paragraf.
c. menuliskan kembali gagasan utama sesuai dengan urutan isi teks dalam beberapa kalimat yang runtut.

0 Response to "Membaca Cepat & Meringkas Isi Teks"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...