Latest News

Memerankan drama & Mengenali Karakter Tokoh dalam Drama

Memerankan drama & Mengenali Karakter Tokoh dalam Drama
Drama merupakan bentuk kisahan yang menggambarkan kehidupan dan watak manusia melalui tingkah laku (akting) yang dipentaskan. Drama dapat pula diartikan sebagai karya asastra yang diproyeksikan di atas pentas. Berbeda dengan karya sastra lainnya, seperti puisi dan prosa, drama terbentuk atas dialog-dialog. Karena diproyeksikan untuk pementasan, drama sering pula disebut sebagai seni pertunjukkan atau teater.

Karena itu, drama dapat pula diartikan sebagai bentuk karya sastra yang menggambarkan kehidupan dengan menyampaikan pertikaian dan emosi melalui lakuan dan dialog. Lakuan dan dialog dalam drama tidak jauh beda dengan lakuan serta dialog yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Unsur-unsur Drama
1. Alur, adalah rangkaian peristiwa dan konflik yang menggerakkan jalan cerita melalui rumitan ke arah klimaks dan penyelesaian.
2. Penokohan, adalah tokoh-tokoh dan karakternya masing-masing yang terdapat dalam cerita drama.
3. Latar, adalah keterangan mengenai ruang dan waktu dalam cerita.
4. Bahasa. bahasa tidak hanya media komunikasi antartokoh. Dalam drama bahasa juga bisa menggambarkan karakter tokoh, latar, ataupun peristiwa yang sedang terjadi.
5. Perlengkapan, apabila drama itu akan dipentaskan, sejumlah fasilitas diperlukan sebagai pelengkap cerita. Beberapa di antaranya panggung, kostum, pencahayaan, dan sistem akustik.

Teknik Pemeranan
Beberapa hal yang harus diperhatikan ketika bermain drama.
1. Penggunaan bahasa, baik cara pelafalan maupun intonasi, harus relevan. Logat yang diucapkan hendaknya disesuaikan dengan asal suku atau
daerah, usia, dan status sosial tokoh yang diperankan.
2. Ekspresi tubuh dan mimik muka harus disesuaikan dengan dialog.
3. Untuk lebih menghidupkan suasana dan menjadikan dialog lebih wajar dan alamiah, para pemain dapat berimprovisasi di luar naskah.

Melafalkan dengan baik tiap kalimat yang diucapkan tokoh drama, dapat menggambarkan karakter tokoh serta konflik yang timbul di dalamnya. Oleh karena itu, seorang pemain drama harus meresapi isi cerita. Ia perlu memerhatikan petunjuk yang dituliskan pengarang (mengenai suasana dan gerak tokoh) serta kalimat-kalimat yang diucapkannya. Kalimat yang diucapkan harus sesuai dengan suasana yang dimaksud, begitu pun gerak yang dilakukannya.

0 Response to "Memerankan drama & Mengenali Karakter Tokoh dalam Drama"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...