Latest News

Ingatan (memori) ikan berlangsung selama berbulan-bulan, kata para ilmuwan


mitos memori ikan pendek terpatahkan Ikan memperlihatkan bahwa mereka dapat mengingat hal-hal sampai lima bulan.

Kekuatan otak mereka ada di dangkal terbaik. Namun para ilmuwan percaya ikan mungkin memiliki kedalaman tersembunyi.

Makhluk-makhluk ini dikatakan memiliki rentang tiga detik memori, dan buktinya ternyata mereka benar-benar dapat mengingat informasi sampai lima bulan.

Para ilmuwan menemukan bahwa ikan yang dilatih untuk menanggapi suara-suara tertentu di penangkaran masih bereaksi berbulan-bulan kemudian ketika mereka mendengar mereka di alam liar.
Temuan ini menantang stereotip ikan yang macam pelupa, ide diperkuat oleh film-film seperti Finding Nemo, yang karakter termasuk ikan pelupa Dory disebut.

Pada catatan yang lebih serius, itu juga bisa membuktikan anugerah bagi petani ikan, memotong kebutuhan untuk kandang mahal dan rejimen makan.

Para peneliti dari Institut Teknologi Technion Israel pada ikan muda yang terlatih untuk mengasosiasikan suara diputar melalui pengeras suara dengan makan waktu.

Setiap kali mereka memainkan suara tertentu, ikan akan kembali untuk makanan.
Setelah sebulan pelatihan, ikan dilepaskan ke laut, di mana mereka dibiarkan perangkat mereka sendiri.

Empat sampai lima bulan kemudian, ketika mereka telah menjadi dewasa dan siap untuk pemasaran, suara itu diputar lagi dan ikan kembali.

Diterapkan pada budidaya ikan, teknik ini akan memungkinkan 'dilatih' ikan untuk dilepas ke laut, di mana mereka akan jatuh tempo secara alami sampai siap untuk meja.

Biaya kandang, staf dan makan semua akan dipotong, karena akan dampak terhadap lingkungan, sebuah konferensi pertanian mendengar.

Pelaporan temuan mereka, para peneliti mengatakan: "Metode baru ini memiliki banyak keuntungan. Ikan tumbuh dalam lingkungan alam mereka, tanpa menggunakan kandang dan tanpa pencemaran lingkungan.

"Makan lebih ekonomis dan didasarkan terutama pada makanan yang ditemukan secara alami."

Penelitian sebelumnya telah menunjukkan bahwa ikan mas mampu mengingat dan belajar - dan bahwa mereka lebih cemerlang dr trout dalam taruhannya intelijen.

Para ilmuwan di St Andrews University di Skotlandia menemukan ikan kecil harus setidaknya secerdas tikus.

Peneliti Dr Mike Webster mengatakan pada saat itu: "Banyak orang memiliki citra ikan mas dengan memori tiga detik - dan itu tidak terjadi sama sekali.

"Ada banyak bukti bahwa ikan sekarang tidak bodoh daripada burung atau mamalia banyak - dan dalam banyak kasus mereka hanya sebagai cerdas.

"Banyak ikan - ikan kecil seperti, stickleback, dan guppies - mampu prestasi intelektual yang sama seperti, misalnya, tikus atau tikus.

"Mereka bisa belajar jalan mereka di sekitar labirin, mereka dapat belajar mengenali ikan lainnya, dan mereka ingat yang individu adalah pesaing yang lebih baik."

Menurut penelitian di Universitas Plymouth, ikan mas memiliki rentang memori hingga tiga bulan - dan bahkan dapat memberitahu waktu.

Ikan dilatih menyenggol tuas untuk mendapatkan makanan. Ketika tuas telah disesuaikan sehingga hanya akan bekerja selama satu jam setiap hari, ikan mas diadaptasi, belajar hanya untuk menekan tuas di sekitar waktu yang tepat.

Mereka bahkan berkerumun di sekitar tuas sebagai jam makan mendekat, rupanya mengingat itu hampir makan siang
www.telegraph.co.uk

0 Response to "Ingatan (memori) ikan berlangsung selama berbulan-bulan, kata para ilmuwan"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...