Latest News

Dominasi dalam politik & Jenis-jenis dominasi menurut Max Weber


Dominasi dalam politik & Jenis-jenis dominasi menurut Max Weber
Politik akan menentukan siapa yang memperoleh apa, bilamana, dan bagaimana. Dasar kehidupan politik adalah persaingan untuk memiliki kekuasaan. Kekusaan merupakan kemampuan seseorang untuk mempengaruhi pihak lain menurut kehendak yang ada pada pemegang kekuasaan. Kekuasaan berbeda dengan dominasi. Satu ciri yang khas pada dominasi adalah pihak yang berkuasa mempunyai wewenang sah untuk berkuasa berdasarkan aturan yang berlaku sehingga pihak yang dikuasai wajib menaati kehendak yang berkuasa. (Max Weber)

Situasi dominasi dapat diamati dalam pola hubungan bawahan dan atasan. Dominasi memerlukan staf administrasi untuk melaksanakannya. Pada kekuasaan, seseorang dapat saja memaksakan kehendaknya terhadap pihak lain walaupun tanpa mempunyai wewenang dan pihak lain tersebut terpaksa menaati kehendak yang berkuasa walaupun tidak ada kewajiban baginya untuk menaatinya. Suatu dominasi memerlukan keabsahan, yaitu pengakuan atau pembenaran masyarakat terhadap dominasi itu, agar penguasa dapat melaksanakan kekuasaannya secara sah.

Menurut Max Weber, dominasi dapat dibagi menjadi tiga jenis, yaitu:
1) Dominasi Kharismatik
Dominasi ini didasarkan pada kewibawaan seseorang, karena adanya kepercayaan yang besar dari masyarakat kepadanya. Misal: para nabi, tokoh agama, ketua adat, dan lainlain.
2) Dominasi Tradisional
Dominasi ini didasarkan kepada tradisi. Penguasa dalam dominasi ini cenderung melanjutkan tradisi-tradisi yang telah ditegakkan oleh pendahulunya. Proses peralihan kekuasaan didasarkan pada garis keturunan.
3) Dominasi Legal-Rasional
Dominasi ini didasarkan kepada aturan hukum yang dibuat dengan sengaja atas dasar pertimbangan rasional. Pemimpin dipilih dan menjalankan kekuasaannya atas dasar aturan hukum yang berlaku. Untuk dapat duduk sebagai penguasa, seseorang harus memenuhi syarat tertentu berdasarkan hukum yang berlaku.

0 Response to "Dominasi dalam politik & Jenis-jenis dominasi menurut Max Weber"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...