Latest News

anatomi fisiologi Vesika urinaria (kandung kemih) dan struktur fungsinya

Vesika urinaria  ( kandung  kemih) adalah kantong otot yang terdapat dibawah peritoneum dan dibelakang tulang kemaluan. Pada wanita, vesika urinaria terletak dibawah uterus. Pada pria, vesika urinaria terletak diatas kelenjar prostat. kandung kemih adalah tempat penampung urine dan mempunyai kemampuan untuk berkontraksi guna membuang urine. (Scanlon, Valerie C, 2006, hal 401).

Mukosa vesika urinaria adalah epitel transisional  yang mempunyai kemampuan untuk mengembang tanpa merobek lapisannya. Saat vesika urinaria kosong, mukosa mengerut membentuk lipatan yang disebut rugae, yang juga memiliki kemampuan untuk mengembang. Lantai vesika urinaria berbentuk daerah segitiga yang disebut trigonum, yang tidak mempunyai rugae dan tidak dapat mengembang.

Kandung kemih adalah reservoir urine. Ukuran, bentuk, dan posisi nya bervariasi sesuai dengan jumlah cairan yang dikandungnya. Jika kosong, kandung ini berada di dalam pelvis minor, tetapi saat penuh dengan urine, ia membesar keatas dan kedepan, kerongga abdomen. (Syaifuddin, 2002, hal 392).

Buli-buli berfungsi menampung urine dari ureter dan kemudian mengeluarkannya melalui uretra dalam mekanisme miksi (berkemih). Dalam menampung urine, buli-buli mempunyai kapasitas maksimal, yang volumenya untuk orang dewasa kurang lebih 300-450ml.
Buli-buli yang berisi penuh memberi rangsangan terhadap saraf aferen dan menyebabkan aktivasi pusat miksi di medulla spinalis segmen sacral S 2 dan 4. hal ini akan menyebabkan kontraksi otot detrusor, terbukanya leher buli, dan relaksasi sfingter uretra sehingga terjadilah proses miksi.  (Basuki B Purnomo, 2003,  hal 5).

a.    Bagian-bagian dari vesika urinaria terdiri dari:
1)    Fundus
Yaitu bagian yang menghadap kearah belakang dan bawah, bagian ini terpisah dari rektum oleh spatium retrovesikale yang terisi oleh jaringan ikat duktus deferent, vesika seminalis dan prostat.
2)    Korpus
Yaitu bagian antara verteks dan fundus, bagian yang runcing kearah muka dan berhubungan dengan ligamentum umbilikalis. Dinding kandung kemih terdiri dari: Lapisan sebelah luar (Peritonium), tunika muskalaris (lapisan otot), tunika sub mukosa, lapisan mukosa (lapisan bagian dalam)

b.    Lapisan Otot Vesika Urinaria
Lapisan otot vesika urinaria terdiri dari otot polos yang tersusun dan saling berkaitan dan disebut muskulus detrusor vesika. Peredaran darah vesika urinaria berasal dari arteri vesikalis superior dan inferior yang merupakan cabang arteri iliaka interna.

c.    Persarafan Vesika Urinaria
Persarafan Vesika urinaria berasal dari pleksus hipogastrika inferior. Serabut ganglion simpatikus berasal dari ganglion lumbalis ke 1 dan ke 2 yang berjalan turun ke vesika urinaria melalui pleksus hipogastrikus.

0 Response to "anatomi fisiologi Vesika urinaria (kandung kemih) dan struktur fungsinya"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...