Latest News

Bangsa Eropa yang mempelopori penjelajahan laut & samudra dunia

|orang / manusia| Bangsa Eropa yang mempelopori pertama kali melakukan penjelajahan mengelilingi samudra dan laut dunia adalah bangsa Portugis dan bangsa Spanyol. Tokoh pelopor penjelajah samudra dunia, antara lain sebagai berikut........

a. Christophorus Columbus
Columbus adalah seorang pelaut bangsa Italia. Pada tahun 1492 Columbus melakukan pelayaran menuju ke arah barat menyeberang Samudera Atlantik dalam waktu sekitar dua bulan. Columbus mendarat di Kepulauan Bahama dan menemukan Benua Amerika.

b. Bartholomeus Diaz
Bartholomeus Diaz adalah seorang pelaut bangsa Portugis. Bartholomeuz Diaz pertama kali melakukan pelayaran melalui arah timur dengan menyusuri sepanjang Pantai Barat Afrika. Pada tahun 1486 Bartholomeus Diaz sampai di ujung Afrika Selatan yang kemudian disebut Tanjung Harapan atau Tanjung Topan. Disebut Tanjung Topan karena di ujung selatan benua Afrika kapalnya pecah dihantam badai. Disebut Tanjung Harapan sebab Bartholomeus Diaz sudah mempunyai harapan menemukan daerah baru.

c. Ferdinand de Magelhaens
Magelhaens adalah seorang pelaut berkebangsaan Portugis yang tinggal di Spanyol. Magelhaens memulai pelayarannya tanggal 10 Agustus 1519. Dalam pelayaran tersebut Magelhaens dibantu oleh wakilnya yang bernama Juan Sebastian del Cano dan seorang penulis, Pigafetta. Magelhaens berlayar ke arah barat melewati ujung selatan benua Amerika (yang kemudian disebut Selat Magelhaens), Samudra Pasifik sampai di Kepulauan Mactan. Di sana disambut oleh penduduk asli dengan pertempuran, yang akhirnya Kepulauan Mactan dapat dikalahkan. Untuk menghormati raja Philip II, maka Kepulauan Mactan diubah namanya menjadi Filipina dan dalam pertempuran tersebut Magelhaens meninggal pada tahun 1521. Pelayaran itu kemudian dilanjutkan oleh Juan Sabastian del Cano ke Maluku. Juan Sebastian menjadi manusia pertama yang berhasil mengelilingi dunia dan membuktikan teori Copernicus bahwa bumi itu bulat. Sehingga oleh raja Philip II diberi hadiah bola dunia yang bertuliskan “Engkaulah orang pertama yang mengitariku”

d. Vasco da Gama
Vasco da Gama adalah seorang pelaut bangsa Portugis. Vasco da Gama melanjutkan usaha Bartholomeus Diaz dalam mengadakan pelayaran menuju ke dunia Timur. Pada tahun 1498 Vasco da Gama berhasil mendarat di Kalikut, India (Goa). Selanjutnya, bangsa Portugis mendirikan pangkalan dagangnya yang pertama di Asia, berpusat di Goa.

e. Alfonso de Albuquerque
Semula Alfonso de Albuquerque menjadi gubernur di pangkalan dagang Portugis di Goa. Pada tahun 1511, Alfonso de Albuquerque berhasil menduduki Malaka. Pada tahun 1512 Alfonso de Albuquerque sampai di Maluku.........

0 Response to "Bangsa Eropa yang mempelopori penjelajahan laut & samudra dunia"

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Klik salah satu Link di Bawah ini, untuk menutup BANNER ini...